Dua Mahasiswa Unnes Promosikan PKM

Selasa, 19 Maret 2013 | 14:37 WIB


Dua Mahasiswa Unnes Promosikan PKM
ANGGA SETIYAWAN

Firstya Evi Dianastiti dan Pratiwi Kumalasari, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes), berkesempatan mempromosikan produk usaha yang berasal dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unnes, di TV Borobudur, Senin (18/3).

Dalam acara yang bertajuk “I Love Jateng”  tersebut, mereka diminta untuk berbagi pengalaman dalam merintis dan mengembangkan usaha kerajinan yang mereka namai Klobot Jagung Naik Pangkat.

Selama 30 menit, mereka memamerkan produk kerajinan berupa bross, bunga rangkai, box kado, dan hiasan dinding yang berbahan baku klobot jagung atau kulit jagung tersebut.

Berawal dari PKM

Langkah sukses yang dicapai kedua wirausaha muda ini bermula dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Unnes tahun lalu. Dengan modal awal Rp 4 juta, mereka mulai merintis usaha ini bersama lima orang anggota tim.

Lewat arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing mereka, U’um Qomariyah MHum, bisnis ini perlahan mulai dikenal dan diminati masyarakat. Mereka memanfaatkan media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Blog sebagai media promosi. Bahkan, mereka telah berhasil menjual produk hingga Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, bisnis Klobot Jagung Naik Pangkat dimotori oleh tiga orang yang semuanya berasal dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain Firstya dan Pratiwi, satu mahasiswi lain yaitu Harina Amalia juga mempunyai andil besar dalam mengembangkan bisnis ini. Prinsip pertemanan menjadikan ketiganya sebagai kesatuan tim wirausaha yang solid.

Meskipun tidak berhasil lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Yogyakarta kemarin, ketiga mahasiswi ini mampu menunjukkan eksistensi dan tekad kuat mereka dalam berbisnis di tengah kesibukan menyusun skripsi.

Selain patut mendapat apresiasi, keberhasilan wirausaha muda ini sekaligus mampu menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa lain, terutama bagi penerima dana insentif PKM tahun ini.

Angga Setiyawan


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 5.282 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

8 komentar pada “Dua Mahasiswa Unnes Promosikan PKM

  1. oalah… ini to yg cetar membahana di jejaring sosial itu? :)
    Tya, Tiwi, Orin, Saya bangga atas prestasi kalian.. Luarrrr biasaaaaa…
    Jayalah Mhsswa BSI tercinta… :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *