Dua Dosen Kasetsart University Thailand Beri Kuliah Umum di FMIPA

Selasa, 2 Mei 2017 | 12:49 WIB


Dua Dosen Kasetsart University Thailand Beri Kuliah Umum di FMIPA
SIHONO/HUMAS

Dr Witat Fakcharoenphol dan Assist Prof Dr Nantarat Kruea-In dari Faculty of Education and Development Science, Kasetsart University Thailand memberi kuliah umum di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES), Jumat (28/4) lalu di Gedung D12 Lantai 3 FMIPA kampus Sekaran Gunungpati. Kegiatan dibuka oleh Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

“Studium Generale FMIPA UNNES” yang diselenggarakan oleh FMIPA UNNES ini diikuti oleh 90 mahasiswa FMIPA dari kelas bilingual dan rintisan kelas bilingual Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Jurusan IPA Terpadu. Para mahasiswa mengikuti kuliah dengan antusias. Mereka berpartisipasi dengan aktif.

Dr Witat Fakcharoenphol menyampaikan kuliah tentang praktikum Fisika Dasar dengan menggunakan sebuah alat sensor all in one IOLab. IOLab ini adalah sebuah lab dalam genggaman. Alat IOLab memiliki sensor untuk mengukur gaya, kecepatan, akselerasi, medan magnet, rotasi, cahaya, suara, suhu, tekanan, dan voltasi hingga skala μV. Beliau menyampaikan bahwa dengan menggunakan alat ini, mahasiswa dapat dengan mudah melakukan pengukuran tanpa harus menggunakan alat yang rumit seperti yang ada di laboratorium konvensional.

Setelah Dr Witat memberikan materi Fisika, Assist. Prof Dr Nantarat Kruea-In menyampaikan materi Biologi tentang golongan darah dan mempraktikkan uji golongan darah menggunakan Science kit for kids yang beliau desain sedemikian rupa menggunakan bahan-bahan yang aman. Kit uji golongan darah ini aman karena tidak memerlukan darah manusia (biasanya siswa takut untuk diambil darahnya untuk praktikum golongan darah-red). Beliau juga mengajak mahasiswa untuk mengerjakan lembar kerja golongan darah sehingga mahasiswa dapat menarik kesimpulan mengenai hasil praktikum.

Mahasiswa sangat senang dan bersemangat mengikuti materi perkuliahan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan masing-masing mahasiswa yang aktif diberi reward oleh Dr Nantarat sebuah pulpen OK yang sengaja beliau bawa dari Thailand.
Kuliah umum dengan mendatangkan dosen tamu dari Thailand ini memunculkan atmosfer akademik yang berbeda bagi mahasiswa. Mahasiswa menjadi tertantang untuk menggunakan kemampuan berbahasa Inggris mereka terutama Bahasa Inggris IPA yang selama ini mereka pelajari.

Harapan FMIPA kedepan adalah mempererat kerjasama dengan Faculty of Education and Development Science Kasetsart University Thailand supaya dapat saling bertukar dosen serta mahasiswa untuk berbagi dan menimba ilmu. Hal ini diharapkan dapat terealisasi guna mendukung dan mewujudkan visi UNNES sebagai Universitas yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 361 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X