Lulus Cumlaude, Dr Ari Yuniastuti Wisudawan Terbaik Unhas

Jumat, 4 April 2014 | 10:01 WIB


Dr Ari Yuniastuti SPt MKes, dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes), lulus dari Program Doktor Ilmu Kedokteran Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Dia lulus dengan predikat cumlaude.

Pengampu mata kuliah pokok gizi dan kesehatan ini lulus setelah mempertahankan disertasi “Hubungan Polimorfisme Gen Glutamate cysteine ligase (GCL) terhadap Kadar Glutation dan F2isoprostane pada Pasien Tuberkulosis Paru” dengan promotor Prof dr Irawan Yusuf PhD dan kopromotor Prof dr Budu SpM KVR-Med PhD dan Prof dr Muh Nasrum Massi PhD.

Dalam disertasinya, dia mengungkapkan, glutation (GSH) tidak hanya berperan sebagai antioksidan namun juga dapat sebagai antibakaterium melalui pengikatannya dengan Nitric oxide (NO) dan terbentuk GSNO yang bersifat membunuh mycobacterium tuberculosis. “Glutamate cysteine ligase (GCL) merupakan enzim yang mensintesis Glutation (GSH). Glutamate cysteine ligase disandi oleh gen GCL. Bila terdapat polimorfisme gen GCL, maka sintesis GSH terganggu, sehingga terjadi penurunan kadar GSH. Akibat penurunan kadar GSH maka timbul keparahan penyakit TB paru,” tulisnya.

Ari juga dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Program Pascasarjana pada wisuda periode III Unhas, akhir Maret lalu, di Baruga AP Pettarani Unhas Makassar. Dengan beasiswa BPPS dan mengaku mendapat bantuan SPP dari Unnes, dia menyelesaikan studi selama dua tahun empat bulan.

Sekadar catataan, Program Doktor Ilmu Kedokteran Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin terakreditasi A dengan nilai tertinggi di antara progran doktor ilmu kedokteran lainnya. Secara institusi, Universitas Hasanuddin juga terakreditasi A. “Begitu pula Program Studi Biologi Jurusan Biologi FMIPA Unnes, juga terakreditasi A,” ungkap Ari kepada unnes.ac.id.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.613 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

24 komentar pada “Lulus Cumlaude, Dr Ari Yuniastuti Wisudawan Terbaik Unhas

  1. Selamat, Bu Ari. Semoga kelulusan ini membawa kebaikan bagi keluarga dan kemajuan Unnes. Ayo segera menjadi profesor….

  2. Selamat bu Ari Yuniastuti sebagai Wisudawan Terbaik Universitas Hasanudin, semoga berkah dan bisa bermanfaat bagi Unnes

  3. Turut bangga dan berbahagia atas prestasi Dr. Ari Yuniastuti. Hasil kerja keras dan perjuangan yg tidak mudah. Terbukti dg hasil yg manis dan memuaskan. Selamat yaaa….

  4. Barakallah Ibu Ari telah menyelesaikan Studi S3 nya dengan predikat Coumlade dan semoga saya bisa seperti Ibu amien-amien Ya Rab. Dalam Disertasinya Ibu semoga dapat dikenal oleh dunia Kesehatan dan dapat dikembangkan oleh pihak-pihak yang terkait Amien-amien.
    Barakallah Ibu sekali lagi.

  5. Selamat Ibu atas prestasi yang luar biasa ini. Kami turut bangga, dan ikut bersyukur Ibu telah menyelesaikan study dan menjadi “yang terbaik”. Semoga membawa berkah dan kebaikan untuk Ibu & keluarga, serta Institusi kita tercinta… Aamiin Ya Rob.

  6. Subhanallah bu Ari luar biasa :), saya bangga sm bu Ari
    Belajar saja tidak cukup, laksanakan sunnah-Nya juga, pesan bu Ari akan selalu kami ingat :)

  7. Menurut saya Bu Ari belum selamat, karena baru menyandang gelar Dr, dalam artian baru peralatan belum keberhasilan, diyakini berhasil manakala bebas dari neraka dan masuk surga karena akan bahagia selama-lamanya karena saya berdoa semoga Allah SWT memberikan keselamatan buat bu Ari, Amin..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X