Penting, Pendidikan Antikorupsi sejak Dini

Rabu, 23 Oktober 2013 | 17:38 WIB


Pendidikan antikorupsi pada anak-anak usia sekolah perlu diajarkan sejak dini. Hal itu penting guna menyiapkan generasi muda terbebas dan tidak terperangkap korupsi.

Demikian disampaikan dosen Pendidikan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Eko Handoyo MSi, saat pengabdian antikorupsi, Jumat (18/10), di SMA Semesta Semarang.

Menurut Dr Eko Handoyo, target pendidikan antikorupsi ini adalah menyiapkan generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan agar tidak terperangkap dalam korupsi. “Ada dua langkah untuk membasmi korupsi, yaitu langkah pencegahan dan langkah pemberantasan,” katanya.

Dr Eko juga mengemukakan, kegiatan ini sebagai langkah pencegahan korupsi sejak usia dini terutama pada generasi muda agar mereka memiliki pengetahuan dan akibat bahaya korupsi.

Pengabdian dengan judul “Penguatan Kesadaran Kolektif Dampak Korupsi melalui Pendidikan Antikorupsi dalam Membentuk Generasi Muda yang Jujur dan Berintegritas di SMA Semesta” ini melibatkan siswa SMP Semesta Semarang yang berada di satu lokasi.

Bentuk pengabdian berupa dialog interaktif, diskusi, dan pemutaran film antikorupsi. “Bahkan nanti SMA Semesta Semarang akan melakukan kegiatan lanjutan untuk belajar pendidikan antikorupsi di Unnes,” tandasnya.

Giri Harto Wiratomo


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 2.600 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X