Dosen Ekonomi Pembangunan Pelajari Metode Penelitian Gabungan

Rabu, 5 Oktober 2011 | 8:24 WIB


Penelitian merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia dan instansi. Bagi mahasiswa, penelitian merupakan kewajiban sebagai persyaratan utama dalam menyelesaikan studi. Setiap mahasiswa yang akan melakukan penelitian dibimbing oleh seorang dosen yang dianggap memiliki kompetensi dibidang penelitian.

Menurut Dekan Fakuktas Ekonomi Drs S Martono MSi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dosen dalam melakukan penelitian dan membimbing mahasiswa yang akan melakukan penelitian.

“Saya berharap melalui forum diskusi ini, pengetahuan dan keterampilan dosen di FE khususnya di Jurusan Ekonomi Pembangunan semakin terasah sehingga mampu melakukan dan membimbing penelitian mahasiswa dengan menggunakan metodologi penelitian gabungan,” katanya ketika membuka diskusi di Hotel Belle View, Selasa (3/10). 

Diungkapkannya, selama ini penerapan metodologi penelitian kuantitatif  lebih  sering daripada metodologi kualitatif  dalam penyusunan skripsi bagi mahasiswa. Dan, penerapan metodologi gabungan menjadi sesuatu yang baru bagi dosen FE.

Forum diskusi  “Penggunaan Mixed Method dalam Kajian Ilmu-Ilmu Sosial” tersebut menghadirkan Prof Mudjahirin Thohir sebagai narasumber. 

Antropolog dari Fakultas Ilmu Budaya Undip itu mengatakan, jika seorang akan menggunakan metodologi gabungan, sebaiknya peneliti mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap metodologi dalam meneliti suatu kasus. Dengan menggunakan mixed method, seorang peneliti mampu memperoleh data yang lebih beragam dan akurat.


DIUNGGAH : Riki Arswendi Dibaca : 2.693 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Dosen Ekonomi Pembangunan Pelajari Metode Penelitian Gabungan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *