Diketinggian 4.910 mdpl, Tim Diterjang Hujan Salju dan Angin Kencang

Senin, 2 Desember 2013 | 16:18 WIB


Diketinggian 4.910 mdpl, Tim Diterjang Hujan Salju dan Angin Kencang
DOK/MAHAPALA

Miftakhul Ulum, Putra Triya Atmaja dan Hermawati tim mahasiswa pencinta alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) pendaki gunung Aconcagua sudah sampai di Plaza Canada dengan ketinggian 4.910 mdpl Kamis (28/11).

Pendakian dari Plaza de Mulas (4.300 mdpl) ke Plaza Canada dilakukan secara bertahap seperti naik turun gunung untuk mencapai ketinggian. Proses aklimatisasi (penyesuaian suhu tubuh diketinggian) ke plaza Canada sangat sulit dilakukan oleh atlet karena diterjang angin besar selama tiga hari dan hujan salju suhu mencapai minus 15 derajat celcius.

“Alhamdulillah semua atlet dalam kondisi sehat. Selama perjalanan kedua menuju Plaza Canada tim diterjang angin kencang dan hujan salju dengan suhu minus 15 derajat celcius. Namun tim tetap semangat melakukan ekspedisi,” kata Miftakhul Ulum salah satu tim lewat telefon satelit kepada Ma’rifah ketua panitia di Semarang saat menghubungi unnes.ac.id. Senin (2/12).

Tim melanjutkan pendakian dari Plaza Canada naik ke Nido de Condores 5.250 ke Berlin 5.900 ke puncak 6.962 mdpl. Perjalanan suhu mencapai minus 20 derajat celcius di Camp Nido de Condores dengan medan menanjak, kemiringan medan 40-45 derajat. Sekarang Posisi tim sudah mencapai puncak Aconcagua 6.962 mdpl pada 1 Desember 15.30 waktu setempat.

Sebelumnya, tim ekpedisi juga melakukan promosi Unnes sebagai universitas konservasi dan pariwisata dan kebudayaan kepada para pendaki lain saat beristirahat di Plaza de Mulas (4.300 mdpl) dan tanggapan mereka sangat tertarik dengan Indonesia khususnya kampus Unnes.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.917 kali
EDITOR : Sihono

3 komentar pada “Diketinggian 4.910 mdpl, Tim Diterjang Hujan Salju dan Angin Kencang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X