Dibuka, S2 Kepengawasan Berbeasiswa di Unnes

Senin, 26 Maret 2012 | 7:32

Berita Terkait

Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka S2  Program Magister (S2) Kepengawasan Sekolah dengan beasiswa. Program ini khusus bagi pengawas sekolah dan calon pengawas sekolah (kepala sekolah/guru) jenjang pendidikan menengah yang berdomisili di Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Direktur Program Pascasarjana Unnes Prof Dr Samsudi mengemukakan hal itu di kampus Bendan, Kamis (22).
“Mulai 2012 kami ditugasi Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (Dit P2TK Dikmen) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakannya. Pogram ini masuk dalam konsentrasi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan (Administrasi Pendidikan),” katanya.

Prof Samsudi mengemukakan, pendaftaran dan pengiriman berkas peserta paling lambat 11 Mei 2012. Seleksi tertulis dan wawancara dilaksanakan 1 – 2 Juni di PPs Unnes dan pengumuman 22 Juni 2012.

Lebih lanjut dikemukakan, peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh laman pps.unnes.ac.id dengan melampirkan fotokopy ijazah S1 dan transkrip nilai dengan IPK minimal 2,75. Selain itu, surat izin mengikuti seleksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, dan kelengkapan lainnya.

Dikemukakan pula, peserta yang lulus seleksi tertulis dan wawancara harus menyerahkan surat ijin belajar dari Badan Kepegawaian Daerah setempat. “Bila peserta yang sudah diterima mengundurkan diri, wajib mengembalikan semua dana yang sudah dikeluarkan oleh negara untuk dikembalikan ke kas negara,” katanya.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

34 Komentar untuk “Dibuka, S2 Kepengawasan Berbeasiswa di Unnes”

  1. Mohammad Zaimul Umams

    Senin, 26 Maret 2012 | 19:33

    Kok kami tidak menemukannya di pps.unnes.ac.id di menu beasiswa ya…
    dimanakah letak formulir tersebut?Nuwun..

  2. Ahmad Surakatib, H. Ghalib, SH, SPdI

    Selasa, 27 Maret 2012 | 10:07

    assalamualaikum
    tolong di informasikan tentang S2 Kepengawasan Berbeasiswa Penuh di Unnes. pada tahun ini saya pribadi punya niat ingin melanjutkan pendidikan S2. Saya guru PNS selama 2 tahun di wilayah NTT. tamatan S1 Pendidikan Agama Islam di Malang JATIM. No. telp 082145012555

  3. Ismi Mahmudah

    Selasa, 27 Maret 2012 | 10:28

    Saya berminat mengikuti PPs Kepengawasan.
    Pertanyaan saya :
    1. Berapa sks dan berapa lama waktu tempuh belajar
    2. Dimana saya dapat menemukan silabusnya
    3. Mata kuliah apa saja yang harus kami selesaikan
    4. Apakah kami harus cuti mengajar selama pendidikan (0 jam)?
    5. Jika kami cuti mengajar maka tempat kami mengajar akan digantikan orang lain?
    6. Apakah ada keistimewaan setelah lulus PPs Kepengawasan langsung ditempatkan?
    7. Bagaimana penempatan lulusan? Di Kab. Kota di Jawa Tengah?

  4. imam

    Selasa, 27 Maret 2012 | 11:53

    coba di p2tkdikmen.kemdiknas.go.id

  5. sriyanti

    Rabu, 28 Maret 2012 | 04:15

    Bagi guru swasta /GTY apa bisa ikut mendaftar ? Mohon infony trmksh

  6. wahyu

    Rabu, 28 Maret 2012 | 05:50

    ini cuma buat yang dah jadi guru aja ya mas? kalau fresh graduate boleh daftar juga gag?

  7. Ahmad Mundzir

    Rabu, 28 Maret 2012 | 16:25

    Untuk Mohammad Zaimul Umams: Seluruh mahasiswa yang dinyatakan diterima pada program S2 Pengawas sekolah akan mendapatkan beasiswa penuh dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (Dit. P2TK Dikmen), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Formulir yang saudara maksud dapat di unduh pada ketentuan pendaftaran pada laman http://pps.unnes.ac.id/berita/penerimaan-mahasiswa-baru-s2-kepengawasan-sekolah-pps-unnes.html/
    Untuk Ahmad Surakatib, H. Ghalib, SH, SPdI: Informasi dan prosedur pendaftaran S2 Pengawas Sekolah dapat dilihat di http://pps.unnes.ac.id/berita/penerimaan-mahasiswa-baru-s2-kepengawasan-sekolah-pps-unnes.html/ atau http://p2tkdikmen.kemdiknas.go.id

  8. Ahmad Mundzir

    Rabu, 28 Maret 2012 | 16:47

    Menanggapi Ismi Mahmudah : sks, silabus, kurikulum,prosedur kuliah, cuti mengajar dan keistimewaansampai saat ini masih digodok di pusat.
    Menanggapi sriyanti : saran kami, silahkan mendaftar saja. karena penentu kebijakan lolos seleksi ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (Dit. P2TK Dikmen), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Menanggapi wahyu : Program Ini khusus untuk pengawas sekolah dan calon pengawas sekolah (kepala sekolah/guru) jenjang pendidikan menengah.

  9. Guntoro

    Rabu, 28 Maret 2012 | 21:44

    Ass. Pak Mundzir, saya guru SMA dan sudah kuliah semester 2 di MP UNNES. Apakah saya juga dapat mengurus beasiswa yang untuk Pengawas dan Calon Pengawas? Saya lihat info untuk guru SMK dan pendidikan dasar (SD, SMP) masing-masing sudah ada penawaran beasiswa S2. Atau untuk guru SMA ada program beasiswa S2 tersendiri, dimana? Trima kasih.

  10. Ahmad Mundzir

    Kamis, 29 Maret 2012 | 16:26

    Wa’alaikum salam pak Guntoro.
    Beasiswa ini melekat pada Konsentrasi S2 Pengawas Sekolah. jadi seluruh mahasiswa yang dinyatakan diterima pada konsentasi S2 Pengawas Sekolah akan dibiayai penuh (mendapat beasiswa ) dari P2TK Dikmen. jadi yang bisa mendapatkan beasiswa kepengawasan harus mahasiswa S2 Pengawas Sekolah.
    Guru SMA & SMK, juga ada bantuan studi (Bukan Beasiswa) bahkan PPs Unnes sudah mengumumkan yang lolos seleksi bagi guru SMA silahkan lihat di http://pps.unnes.ac.id. Tetapi maaf, saat ini PPs Unnes baru di percaya untuk menyelenggarakan bantuan studi bagi guru SMA dan SMK hanya pada prodi tertentu. dan prodi S2 MP tidak direkomendasikan oleh P2TK Ditjen Dikmen untuk mengajukan bantuan studi tersebut.
    Terima kasih.

  11. Wiwik

    Jumat, 30 Maret 2012 | 14:09

    selamat siang, Pak. maaf saya mau bertanya apakah yang mengikuti PPS ini hanya diwajibkan bagi PNS atau dari pihak swasta non keguruan boleh ikut mendaftar. terimakasih

  12. suwarno

    Sabtu, 31 Maret 2012 | 08:36

    maaf pak …saya dari sumatera selatan alumni unnes, boleh tidak mengikuti program ini…

  13. Sukma

    Minggu, 1 April 2012 | 14:10

    apakah beasiswa ini di peruntukkan u/guru2 saja?( guru honor/guru PNS )
    klw kita yang alumnus dari FKIP dan belum mengajar bisa mengkuti program beasswa ini ar tidak?

  14. retno

    Senin, 2 April 2012 | 07:29

    Apakah benar2 full beasiswa? jika mengadakan studi banding ke kota lain atau negara lain yang diadakan UNNES juga butuh biaya?

  15. Ahmad Mundzir

    Senin, 2 April 2012 | 09:57

    Menanggapi bapak Suwarno: Pelaksanaan perkuliahan S2 Pengawas Sekolah seindonesia terbagi dalam beberapa tempat, kebetulan PPs Unnes dipercaya mengelola S2 Pengawas Khusus wilayah wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. kalau untuk wilayah Sumatra silahkan saudara menghubungi Universitas Negeri Medan (Unimed)
    Menanggapi saudara Wiwik: menurut kami yang prioritas adalah Guru PNS. masalahnya untuk jadi pengawas harus sudah PNS. saran kami mendaftar saja. toh pendaftaran di P2TK dikmen gratis. keputusan seleksi administratif dan seleksi tulis ada di P2TK Dikmen.

  16. hendra

    Senin, 2 April 2012 | 11:11

    Assalamuailaikum,,
    untuk guru yang mengajar di lembaga pendidikan non formal contohnya homeschooling diperbolehkan mengikuti program beasiswa tersebut?
    mohon balasannya, terimakasih.

  17. LUQMAN HAKIM, S.Pd.I.

    Selasa, 3 April 2012 | 16:11

    PAK,APAKAH ADA BATASAN PANGKAT DAN GOL BAGI GURU PNS YANG AKAN MENGIKUTI SELEKSI BEASISWA ?SAYA GURU PNS GOL III/a,TERIMAKASIH

  18. Budiono Basuki, S.Pd

    Rabu, 4 April 2012 | 11:05

    Ass. Pak Ahmad Mundzir, saya S1 Pend Fisika – IKIP Malang, umur 45 th masa kerja 22 th, tapi IP saya hanya 2,70. Sekarang tugas di SMA Negeri 1 Woha Bima NTB. Apa kira-kira saya memenuhi syarat untuk daftar dan bisa diterima?

  19. ALIFRI

    Kamis, 12 April 2012 | 09:13

    aslmu’alaikum.pak tanya.bagaimana rincian beasiswa penuh dari p2tk dikmen tersebut?terima kasih.wasslamualaikum.

  20. Bayu Kurniawan

    Selasa, 17 April 2012 | 18:02

    Saya mau tanya sarat toefl nya berapa minimal kalo hanya 420 gimana..???

  21. Djaswito

    Rabu, 18 April 2012 | 20:51

    Pak, saya pengawas SD apakah bisa mengikuti seleksi? atau mau ada juga program kepengawasan untuk jenjang SD? Tks

  22. Dini Islami

    Minggu, 22 April 2012 | 11:51

    Pak, saya guru tingkat dasar yang dicalonkan menjadi kepala sekolah, apakah berpeluang mengikuti? karena info beasiswa diperuntukkan untuk jenjang menengah. Nuhun…

  23. joko triongko

    Senin, 23 April 2012 | 20:26

    saya pns (kepala sekolah sd), lulusan pgsd unnes 2010 gol IIIc, punya peluang mengikuti beasiswa S2 kepengawasan tidak ya?

  24. Hari Patmono

    Rabu, 9 Mei 2012 | 14:21

    Yth, panitia seleksi S2 Kepangawasan
    saya salah satu guru yang sudah daftar, sesuai pedoman yg ada, dan sesuai petunjuk bisa dikirimkan lewat pos, dan saya telah kirimkan berkas ke Direktorat Pembinaan dan Tenaga Kependidikan Menengah, Direktorat Jendral pendidikan menengah Kompleks kemendikbud,jakarta. yang ingin saya tanyakan :
    1. Di buku pedoman tetulis paling lambat tgl 11 mei 2012, namun setelah saya lihat Unnes ternyata diundur sampai tgl 13 juli 2012, dan saya belum kirim lewat online, apakah hal tersebut bisa mempengaruhi proses seleksi?
    2. Saya belum daftar lewat email, apakah setelah kirimkan berkas bisa daftar lagi khususnya ke Unnes?
    3. Dalam berkas yang saya kirim (lewat pos) ada salah satu persyaratan yang belum saya penuhi yaitu surat ketrangan dari BKD, apakah saya masih bisa menyusulkan surat tersebut melalui pendaftaran email panitia, berhubung pendaftaran lewat email belum saya lakukan.
    4. Apakah nilai toefl minimal harus 450, jika ternyata masih kurang apakah boleh memperbaiki kekurangan tersebut ketika lulus proses seleksi administrasi, tuli dan wawancara. karena saya pernah diberi tahu teman yang sudah lolos pada beasiswa yang sama di UGM, yang lama dengan skor dibawah kriteria namun setelah lolos tes diharuskan tes kembali.
    Demikian pertanyaan saya,atas bantuannya kami sampaikan banyak terima kasih.

  25. hedi Wibowo

    Selasa, 29 Mei 2012 | 13:08

    Yth. Panitia Seleksi
    materi test berupa apa saja ya ?

  26. Erna Sri Rahayu

    Jumat, 8 Juni 2012 | 20:00

    Tanggal pelaksanaan test nya pastinya kapan?
    Kepastian saya terdaftar atau belum bisa dilihat dimana ya karena saya sudah registrasi mell email ke dikmen dan pps unnes tapi tidak ada konfirmasi balik apakah berkas saya sudah diterima at belum? Trims

  27. nuriani l.m.g

    Kamis, 14 Juni 2012 | 18:19

    saya pengin mendaftar s2, saya lulusan unnes dulu masih ikip semarang, sayang ipk saya hanya 2,69, yah.. hanya bisa menghayal.

  28. ahmad

    Senin, 18 Juni 2012 | 18:38

    saya sudah mengirim syarat administrasi. kapan pengumuman tes lolos administrasi ?

  29. S. ATMODJO

    Senin, 2 Juli 2012 | 11:54

    Kapan utk Pengawas TK/ SD/SDLB ?

  30. ali mahsun

    Selasa, 9 Oktober 2012 | 01:41

    Mas, boleh tanya
    s2 program kepengawasan unnes tahun 2013 bukan lagi pa tdak ya? kalo buka, bisa pa tidak ya misalnya saya ikut mendaftar. S1 saya dari FBS Unnes dengan IPK 2.65. sedang s2 saya dari prodi KTP Unnes denga IPK 3.56. Thanks a lot atas jawabannya

  31. Hedi Wibowo

    Rabu, 6 Februari 2013 | 21:38

    Kalau dah diterima apa benar dana Sertifikasinya di hapus ?

  32. Drs. Kismanto, M.Pd.

    Minggu, 10 Februari 2013 | 21:23

    bagaimana ya ikut ke S2 kepengawasan

  33. hilga