Di antara Belasan Laki-Laki, Mahasiswi Unnes ini Njathil di Magelang

Senin, 7 Desember 2015 | 14:02 WIB


Di antara Belasan Laki-Laki, Mahasiswi Unnes ini Njathil di Magelang
Humas / Dwi Sulistiawan

Fitri Handayani, mahasiswi KKN di Desa Kembangsari Magelang ketika memeragakan gerakan tari pada festival kesenian Expo KKN Unnes 2015, Minggu (6/11) di Lapangan Bandongan Magelang.

Jika biasanya tari jathilan sering dimainkan secara semi kolosal dengan melibatkan belasan penari laki-laki, lalu bagaimana kalau salah satu dari mereka dimainkan oleh mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang (Unnes)?.

Fitri Handayani, mahasiswi yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kembangsari Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang itu, memeragakan gerakan tari pada festival kesenian Expo KKN Unnes 2015, Minggu (6/11) di Lapangan Bandongan Magelang.

“Tidak hanya kesenian daerah, aneka permainan tradisional, souvenir, dan makanan hasil binaan mahasiswa KKN juga ikut dipamerkan pada acara bertema gebyar konservasi budaya di tahun inovasi untuk Magelang Gemilang itu,” ungkap Koordinator KKN Kabupaten Magelang Cahyo Yuwono MPd.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unnes Prof Totok Sumaryanto, salah satu upaya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat melalui KKN adalah berbagi ilmu dan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

” Yang ingin kami capai adalah bisa membantu keluarga pra sejahtera menjadi sejahtera melalui pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini,” katanya dihadapan 580 mahasiswa KKN dan ribuan warga yang memadati alun-alun Bandongan.

Bupati Magelang yang diwakili Kepala Bappeda, Sugiyono MSi,  berharap, kegiatan ini akan membawa kemajuan khususnya bagi warga masyarakat Kabupaten Magelang, sehingga pada akhirnya mampu menumbuhkan kembali semangat gotong royong di masyarakat yang mulai kendur.

“Mahasiswa Unnes merupakan masyarakat ilmiah yang akan memberikan berbagai konsep dan teori yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Magelang,” jelasnya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.294 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *