Desa Binaan Unnes Juara I Lomba Posdaya Damandiri

Jumat, 5 September 2014 | 14:23 WIB


Desa Binaan Unnes Juara I Lomba Posdaya Damandiri
HUMAS/ DOK

Ketua LP2M Unnes Prof Totok Sumaryanto (berbaju putih) bersama Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi dan Ketua Yayasan Damandiri Prof Haryono Suyono mengunjungi stan desa binaan Posdaya yang digelar di Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (2/9).

Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Sinar Mawar yang dibina tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih juara I dalam Lomba Posdaya Damandiri Award 2014 Tingkat Korwil 1 Jawa Tengah. Penghargaan diberikan oleh Ketua Yayasan Damandiri Prof Haryono Suyono, Selasa (2/9), di Rumah Dinas Bupati Magelang.

Juara II dan III dalam lomba tersebut diraih oleh kelompok Kusuma Jaya binaan Universitas PGRI Semarang dan Mersi Sejahtera Husada binaan Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Semarang. Selanjutnya, para juara itu akan mewakili Korwil Jateng 1 untuk mengikuti Lomba Posdaya Damandiri Award Tingkat Regional I yang meliputi Jateng dan DIY.

Prof Haryono mengatakan, Damandiri terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan potensi keluarga dan masyarakat untuk menciptakan peluang kerja. Menurutnya, hal itu sesuai dengan program pemerintah dalam upaya menekan angka kemiskinan.

“Proses pemberdayaan sumber daya manusia pedesaan perlu dikembangkan dengan tidak menganggap keluarga di desa sebagai keluarga bodoh dan malas,” ujarnya.

Acara juga dimeriahkan dengan kehadiran stan hasil binaan dari 5 kecamatan di Kabupaten Magelang. Mereka dibina oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unnes Prof Totok Sumaryanto mengatakan, secara kelembagaan Unnes terus menempa mahasiswa agar terus berperan dalam masyarakat.

Menurut Prof Totok, hal itu karena setiap mahasiswa perlu mengembangkan rasa percaya diri yang kuat agar tidak ragu-ragu mendorong dan membantu keluarga di pedesaan untuk maju pesat.

“Dalam hal ini, lembaga perguruan tinggi bertugas menjembatani agar mahasiswa terus membangun kerja sama dan jiwa gotong-royong di tengah masyarakat,” katanya.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 1.454 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Desa Binaan Unnes Juara I Lomba Posdaya Damandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X