Cara Prof DYP Mengajarkan “Pekerjaan” ke Anak SD

Selasa, 3 Desember 2013 | 12:48 WIB


Cara Prof DYP Mengajarkan “Pekerjaan” ke Anak SD
ISTIMEWA/DOK. HUMAS

Mau tahu cara Prof DYP Sugiharto mengajarkan topik “Pekerjaan” kepada anak SD? Di tengah-tengah murid kelas IV SD Hj Isriati Baiturahman Semarang, Senin (2/12), profesor Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes menunjukkan kepiwaiannya mengolah topik itu menjadi pembelajaran yang interaktif.

Mula-mula, kepada seorang murid perempuan, sang profesor bertanya, “Apa pekerjaan ayahmu, Nak?’’

Si anak pun menjawab, “Dosen komputer di Universitas Muhammadiyah Magelang.”

‘’Apakah besok besar Alea (namamurid itu –Red) juga ingin jadi dosen?’’

Sambil menggeleng, si bocah menjawab, “Tidak. Penginnya jadi koki, karena saya suka masak.’’

Tak berhenti di situ. Untuk mengenal pekerjaan lainnya, Prof DYP juga mengajak siswa bernyanyi sesuai dengan tema pelajaran. Untuk mengenalkan pekerjaan petani, diajaklah anak-anak menyanyi ‘’Menanam Jagung’’.

Kehadiran Prof DYP merupakan bagian dari program Professor Go to School. Sebanyak 45 profesor yang dimiliki Unnes ambil bagian dalam program ini. Tujuannya, mengawal implementasi Kurikulum 2013 sekaligus menginspirasi generasi emas. Karena itulah, selain berdiskusi dengan para guru dan kepala sekolah tentang pelaksanaan kurikulum itu, profesor juga berinteraksi langsung dengan para siswa.

Seusai mengajar, Prof DYP mengatakan, dengan pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013, siswa dapat belajar berbagai bidang sekaligus seperti Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, hingga TIK.

‘’Misalnya melalui tema ‘Pekerjaanku’, guru dapat memancing siswa aktif dalam mengutarakan cita-citanya sekaligus menilai kompetensi peserta didik dari beberapa komponen seperti spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan sehingga tidak ada lagi kendala untuk mendeskripsikan kompetensi siswa dari komponen-komponen tersebut,’’ kata Koordinator Kopertis Wilayah VI ini.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 1.783 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Cara Prof DYP Mengajarkan “Pekerjaan” ke Anak SD

  1. Ada rekaman videonya? barangkali dalam bentuk CD?., dan saya/kami bisa mendapatkan CD tersebut ..untuk referensi pembelajaran /perkuliahan di PGSD..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X