Calon Pemimpin Harus Punya Prinsip

Selasa, 20 November 2012 | 12:21 WIB


Calon Pemimpin Harus Punya Prinsip
SIHONO/HUMAS DOC

Agung Baskoro sedang memberikan paparan pada Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menegah yang diselenggarakan BEM KM Unnes di Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan (BP DIKJUR) Jawa Tengah, Jalan Brotojoyo Semarang.

Mahasiswa sebagai calon pemimpin harus mempunyai prinsip yang kuat. Karena hal itu adalah salah satu modal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Mahasiswa harus memiliki prinsip yang kuat sebagai bekal untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin bangsa.

Pernyataan itu dikatakan pemateri Agung Baskoro pada Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menegah (PKMM TM) yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akhir pekan lalu, di Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan (BP DIKJUR) Jawa Tengah, Jalan Brotojoyo Semarang.

Kegiatan yang dibuka Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Unnes Prof Dr Masrukhi MPd itu mengusung tema “Karyaku untuk Indonesiaku” dan diikuti puluhan mahasiswa Unnes dan Undip.
Selain Agung Baskoro, pembicara lainnya adalah Ardhi Rahmat yang memaparkan Rekayasa Sosial, Ali Mahfudz (Rekontruksi Gerakan Mahasiswa), Aryanto Nugroho (Manajeman Kebijakan Publik).

Kurang Tegas
Menurut Agung, kelemahan pemimpin sekarang terletak pada kekurangtegasannya dalam mengambil keputusan. “Pemimpin harus mempunyai ketegasan dalam mengambil kebijakan. Mahasiswa sebagai calon pemimpin harus mampu mengembangkan pola pikir, mempunyai idealisme dan prinsip yang kuat sebagai bekal menjadi pemimpin yang sesungguhnya,” tegas Agung Baskoro.

Dia mengajak kepada peserta pelatihan, mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan bangsa maka persiapkanlah diri kalian untuk menjadi pemimpin.

Sedangkan Ahmad Dzakirin mengatakan, pengetahuan globalisasi saat ini perlu dimiliki oleh mahasiswa. “Sebagai generasi terdidik, mahasiswa harus mempunyai pengetahuan yang luas terhadap situasi saat ini. Apalagi harapan bangsa ini adalah para generasi muda terutama mahasiswa,” katanya.

Dia juga mengatakan, banyaknya pemikiran ataupun ideologi yang ada di dunia ini, membuat mahasiswa perlu memahami semua sebagai bekal dalam melangkah sebaigai calon pemimpin.

Presiden Mahasiswa Unnes Doni Kusuma Ariwibawa mengatakan, PKMM TM adalah kegiatan yang mampu memunculkan ide-ide mahasiawa yang rindu perubahan. ” Yang mampu memberikan perubahan bagi Indonesia, dan itu adalah kalian,” kata Doni.

Sukari

 


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 3.656 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “Calon Pemimpin Harus Punya Prinsip

  1. Bekal yang baik untuk Mahasiswa kedepan.
    Tidak ada yang akan menyangka apa yang akan terjadi setelah lulus.
    Bersiaplah menjadi pemimpin-pemimpin hebat yang amanah untuk Negeri ini.

    Salam Konservasi…!

  2. semoga bagi yang sudah melakukan kegiatan tersebut bukan hnya tau bgaimana menjadi pemimpin yg baik, tpi tau jga bagaimana cara taat kepada pemimpin nya yang sah dan tau bagaimana cara menyampaikan aspirasi atau masukan yg baik kepada pemimpinnya (tidak blak blakan di depan publik)…

  3. tegas mungkin baik tetapi setiap kebijakan yang diambil wajib terkandung sebuah keadilan yang merata, kebijaksanaan yang menentramkan dan keputusan yang berorientasi pada masa depan dan berkesinambungan secara konsisten antar generasi.

  4. wai para wahasiswa calon pemimpin bangsa bersatulah untuk membangun bangsa jgn malah merusak bangsa denga propokator -propokator para elit yang tdk tanggung jawab. lihat dimana -mana para mahasiswa/pelajar pada berantem tidak jelas merebutkan apa .bagaimana generasi penerus kalau hanya ribut karena hasutan orang yg tidak tangung jawab.ingat kejadian kebelakang thun 1948&1965 hampir seperti saat sekarang ini kejadiannya. maka kami berharah lihat sejarah baik yang baik maupun yang jelek sebagai pedoman untuk mengisi kemerdekaan ini .berpikir yang jernih dan jgn mudah dihasut dan dipropokatori oleh orang yg tidak tangung jawab.waspadai jgn sampai komunis hidup lagi di negara ini dgn gaya mereka atas nama rakyat .ingat para mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X