Bisnis Kelas Dunia Dimulai dari Usaha Kecil

Minggu, 23 Oktober 2011 | 21:43 WIB


“Ternyata semua bisnis kelas dunia dimulai dari sebuah usaha yang kecil. Bisa jadi kondisi awalnya lebih kecil atau sama dengan rencana usahaku hari ini.”

Begitulah kalimat penutup acara Outbond dan pelatihan Wirausaha yang serentak diucapkan peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2011 yang tergabung dalam Unnes Student Entrepreneurship Center (Unsec), Minggu (23/10) di Aula BEM KM Unnes Sekaran. Kalimat itu diucapkan bersama dengan Motivator Nasional Edy Darmoyo.

“Lihat gambar di slide” kata Edy sambil menunjukkan gambar Sanders, Bill Gates, dan Soichiro Honda.

Mereka bertiga, lanjut Edy, adalah pengusaha sukses kelas dunia yang memulai usahanya dari usaha kecil. “Sanders, adalah pendiri KFC yang memulai usahanya dengan menawarkan resep ke restoran. Setelah Ke 1001 restoran baru ada yang mau menerimanya untuk diajak kerja sama. Sekarang usahanya ada di hampir seluruh dunia. Bill Gates dari Microsoft, siapa yang tidak kenal dia. Dia memulai usahanya dengan menyewa garasi mobil yang tidak terpakai. Soichiro Honda, namanya menempel pada produk ciptaanya. Siapakah dia? Ia tidak menyandang gelar insinyur, lebih-lebih Profesor. Awalnya dia hanya anak desa yang miskin yang memulai usahanya dari bengkel kecil,” katanya.

Selain mahasiswa, dosen pengelola dan pendamping Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Unsec juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Ketua Unsec Dr Isti Hidayah MPd dalam sambutannya mengatakan Unsec adalah rumah bagi mahasiswa yang berkeinginan kuat untuk berwirausaha. “ Kepada Unsec, mahasiswa bisa mengembangkan segenap potensi diri dan kreativitasnya untuk memulai hingga memantapkan bisnisnya.”

Sementara itu, ketua panitia Aziz Muslim juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat motivasi bagi para mahasiswa dan menjadi ajang silaturahmi bagi dosen dan mahasiswa. ”Selain itu acara ini juga sekaligus memperingati ulang tahun Unsec yang lahir pada tanggal 10 Oktober 2010”, katanya.

Acara ini dipandu oleh Event organizer Metaforma yang dikomandani oleh alumnus Unnes Fajar Adi Purnomo Ssi. Selain memandu Outbond mereka juga mengajak peserta untuk bermain game seru bernuansa wirausaha.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 5.156 kali
EDITOR : Agus Setyo Purnomo

2 komentar pada “Bisnis Kelas Dunia Dimulai dari Usaha Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X