Bidang Akademik Siapkan Pedoman Program Kelas Bilingual

Minggu, 31 Juli 2011 | 8:40 WIB


Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang (Unnes) secara intensif tengah menyiapkan pedoman penyelenggaraan program kelas bilingual. Bersamaan dengan itu, disusun pula pedoman manajemen akademik, program gelar ganda, dan bimbingan akademik.

Penyusunan pedoman tersebut menjadi agenda utama rapat kerja Bidang Akademik  yang digelar di Salatiga, 29-31 Juli 2011. Rapat yang dibuka Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo itu diikuti Pembantu Rektor I Agus Wahyudin, para pembantu dekan I, ketua dan sekretaris Badan Penjaminan Mutu, ketua dan sekretaris LP3, staf ahli PR I, Kepala BAKK, dan Ketua BPTIK.

“Pedoman tersebut merupakan bagian dari sembilan pedoman. Sembilan peoman itu akan menjadi peraturan rektor yang akan diterbitkan awal Agustus 2011,” kata Pembantu Rektor I. 

Disebutkan dalam pedoman itu, kelas bilingual merupakan kelas pada program studi pendidikan yang pembelajarannya mengutamakan bahasa Inggris sebagai pengantar. “Muatan kurikulumnya pun bertaraf internasional, yakni mengacu kurikulum salah satu negara anggota OECD atau negara maju lainnya. Jadi, isinya meliputi kurikulum adaptasi dan adopsi,” katanya.

Dikemukakan pula, program ini untuk kebutuhan guru di sekolah-sekolah bertaraf internasional. “Namun lebih dari itu, program ini merupakan bagian dari inovasi dalam penyiapan calon pendidik dan tenaga kependidikan profesional,” imbuh Prof Wiyanto, ketua kelompok yang membahas program tersebut.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 3.262 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Bidang Akademik Siapkan Pedoman Program Kelas Bilingual

  1. kalo kurikulumnya akan dibuat int’l maka nama ‘kelas bilingual’ rasanya kurang pas. nama itu memberi kesan hanya menggunakan 2 bahasa tanpa ada perbedaan kurikulum

  2. Semoga ditahun ne UNNES bisa memantapkan langkahnya menuju world class University. n bapak rektor tolong dong lab jurusan di tambah atau dan diperbarui lagi. Tq

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X