Hari Bumi, Besok Setengah Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

Senin, 21 April 2014 | 9:55 WIB


Hari Bumi, Besok Setengah Hari Tanpa Kendaraan Bermotor
SIHONO/HUMAS

Selama setengah hari, mulai pukul 06.00 sampai 12.00 WIB kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan terbebas dari asap kendaraan bermotor. Bahkan pada pukul 12.00-13.00, semua warga kampus juga dihimbau untuk mematikan listrik dan tidak membunyikan klakson.

“Kebijakan bebas kendaraan bermotor berlaku pada Selasa, 22 April 2014 pukul 06.00 – 12.00  WIB sebagai salah satu ekspresi memperingati Hari Bumi,” kata Ketua Badan Pengembang Konservasi Unnes Prof Dr Dewi Liesnoor S seusai rapat pimpinan, Senin (21/4).

Dengan kebijakan itu, lanjut Prof Dewi, tidak hanya mobil dan sepeda motor yang dilarang masuk kampus, tetapi bus kampus juga tidak beroperasi pada jam tersebut.

Prof Dewi juga mengatakan, pada Hari Bumi warga kampus juga diimbau untuk memunguti sampah yang ada di sekitarnya. “Rektor secara langsung akan memimpin gerakan ini semenjak pukul 07.00,” katanya.

Dikemukakan pula, untuk menyokong peringatan tersebut, Unnes akan menyediakan sepeda dan mobil bertenaga aki, terutama untuk mobilitas di kampus kawasan timur.

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 3.218 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

37 komentar pada “Hari Bumi, Besok Setengah Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

  1. Kalau bisa untuk setiap hari kendaraan bermotor tidak boleh masuk kawasan kampus & sebaiknya parkir di kantong parkir yg telah disediakan .. Selama ini dosen dan karyawan bebas keluar masuk kampus melanggar aturan tanpa merasa berdosa !!

  2. mari kita sama-sama peduli akan program kampus konservasi yang diterapkan di kampus UNNES tercinta…karena selama ini, fakta di lapangan membuktikan hal yang sebaliknya, mobil-mobil dari beberapa pejabat kampus terlihat sering bebas melenggang di jam bebas kendaraan ( padahal di beberapa portal pembatas sudah tertulis dengan jelas bahwa jam bebas kendaraan berlaku dari jam 6.30- 16.00 )…tapi nyatanya kebanyakan dari mereka tak peduli…sayang sungguh disayang…kebijakannya hanya berlaku untuk mahasiswa…..

  3. kampus konservasi sebaiknya tidak hanya meng-konservasi dari fisik alamnya saja, tetapi juga budaya kita, bisa dari pakaian batik atau nilai sosial yang bisa membawa manfaat. tetap salut dengan program hari ini.. satu jam hemat listrik dan setengah hari tanpa kendaraan, semoga tidak hanya sebatas wacana….

  4. Wah ikut bahagia dengan agenda tersebut, sudah lama saya merindukan suasana tenang tanpa was-was karena miris melihat masyarakat unnes yg masih belum konservasi,
    semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan tidak hanya setahun sekali, tetapi bisa sampai sebulan sekali… mohon untuk tetap dipantau pelaksanaan agenda ini, jangan-jangan kalau tidak dipantau masih saja ada masyarakat yang membandel :)

  5. Menurut saya, pelaksanaan pilar konservasi di Unnes sudah bagus akan tetapi alangkah lebih baiknya jika hal tersebut tidak hanya digembar-gemborkan saja dan benar-benar dilaksanakan. Karena dalam kenyataannya hal tersebut tidak terlaksana. Mungkin publikasi tentang segala informasi lebih bisa ditingkatkan lagi.terimakasih

  6. Langkah konservasi ini memang sangat bagus , tetapi kenapa setiap hari masih saya lihat mobil atau motor yang melewati batas yang sudah di tentukan kampus (area kampus) . Seharusnya jika memang sudah di tentukan tidak boleh memakai kendaraan bermotor ke area kampus tetap saja tidak boleh , sekalipun itu pejabat .
    mudah-mudahan selanjutnya bisa menjadi lebih baik , agar menjadi kampus yang benar-benar konservasi secara utuh .
    Salam konservsi

  7. Program tersebut sangat bagus diterapkan dalam rangka memperingati hari bumi, namun alangkah baiknya jika program tersebut diterapkan hampir setiap hari sehingga keadaan bumi yang semakin rusak ini bisa membaik dan juga sasaran dalam program tersebut ditujukan untuk seluruh warga UNNES kecuali dalam kondisi mendesak yang tidak dapat ditinggalkan. Disamping itu, diberlakukan hukuman bagi pelanggar program tersebut sehingga warga UNNES takut melakukan pelaggaran program tersebut dan terbiasa merawat bumi ini.

  8. Jika kegiatan membuang sampah bersama hanya dilakukan HANYA pada saat hari bumi, itu merupakan kegiatan yang tidak konsisten. Memang benar, kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal untuk semua komponen warga UNNES untuk peduli terhadap lingkungan. Jika memang UNNES adalah Universitas Konservasi, sebaiknya langkah seperti itu seharusnya dilakukan minimalnya seminggu sekali, tidak hanya para cleaning service yang bertugas membersihkan lingkungan UNNES, tetapi diharapkan semua komponen, tanpa pandang bulu juga ikut andil dalam menjaga lingkungan.
    Selain itu, untuk memperingati hari bumi sebaiknya semua mahasiswa dan komponen UNNES lainnya juga turut menjadi partisipan, tidak hanya pihak2 tertentu dari UNNES yang hanya menjabat di bidang lingkungan maupun biodiversitas. Hal ini dimaksudkan agar Universitas ‘Konservasi’ tidak hanya sebuah nama, namun juga tindakan yang nyata dari semua komponen yang benar-benar menunjukkan bahwa UNNES adalah Universitas Konservasi, apalagi untuk memperingati Hari Bumi ini.

  9. Saya setuju dengan adanya aturan seperti itu , namun aturan tersebut tidak hanya berlaku bagi para mahasiswa akan tetapi juga diberlakukan bagi dosen dan para pimpinan. Apabila peraturan itu diberlakukan maka universitas harus memfasilutasi sepenuhnya terhadap mahasiswa maupun doen dan karyawan lain. Dengan adanya peraturan tersebut maka semakin cepat kampus konservasi ini terwujud. Tidak hanya ungakapan UNNES KONSERVASI akan tetapi diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun , peraturan ini bharus disosialisasikan pada masing-masing fakultas agar peraturan ini dapat terlalsana dengan baik dan sesuai harapan kita semua.

  10. saya sependapat dengan adanya progam tersebut untuk memperingati Hari Bumi sedunia. Dengan mematikan lampu satu jam sebagai salah satu bentuk hemat energi, namun ada baiknya jika dilakukan diluar jam kuliah berlangsung karena dapat mengganggu pembelajaran di kelas. Misalnya dilakukan pada pukul 06.00-07.00 WIB mungkin akan lebih efektif. Tidak hanya itu, kita dapat bersama-sama menggunakan listrik seperlunya (mematikan jika tidak digunakan). Pengadaan sepeda perlu dilaksanakan setiap hari tidak hanya pada hari sedunia sebagai wujud konservasi.
    mari kita bersama-sama semua warga UNNES konservasi menjaga kampus kita khususnya dan bumi kita dengan hemat energi. melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk menjaganya. meskipun itu hal yang kecil.

  11. Setengah hari tanpa kendaraan bermotor adalah kebijakan yang bagus, tetapi dalam kenyataannya kebijakan ini tidak telaksana dengan baik karena pagi tadi pukul 06.57 bus kampus masih beroperasi memasuki kampus. dalam hal ini seharusnya kebijakan yang telah di buat seharusnya dapat terlaksanakan dengan baik bukan sebagai wacana saja. dan untuk hari-hari biasa seharusnya mobil dan kendaran para dosen dan karyawan tidak boleh memasuki area kampus pada jam yang sudah di tentukan. jadi kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk mahasiswa saja.

  12. Menurut saya perlu adanya sosialisasi yang kuat demi terpenuhinya realita dari kegiatan tersebut. Sosialisasi dilaksanakan di setiap fakultas, dan setiap fakultas melakukan sosialisasi lagi untuk setiap jurusan, sehingga jurusan melakukan sosialisasi dengan cara mengumpulkan seluruh komting rombel untuk memsosialisasikan lagi kepada seluruh mahasiswa rombelnya. Dalam mengumpulkan komting rombel di setiap jurusan yaitu melalui bantuan HIMA. Kegiatannya sudah bagus, hanya saja dalam pelaksanaannya kurang maksimal. Berhasil atau tidaknya suatu kegiatan dapat diukur dari proses jalannya kegiatan tersebut. Untuk mencapai kegiatan yang berhasil, perlu adanya kerjasama yang harmonis antara pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Harapan saya untuk ke depannya, lebih banyak lagi proposal tentang kegiatan yang berhubungan dengan konservasi.

  13. Saya pikir sistem untuk sekarang ini sudah sangat baik, kampus sudah memperketat jalur dalam kampus, akan tetapi saya melihat masih ada kendaraan yang bisa jalan di dalam kampus pada jam-jam steril kendaraan, entah ada kepentingan yang mendesak atau apalah, dan apabila ada persewaan sepeda untuk mahasiswa khususnya untuk hanya dipakai didalam kampus oke juga, bisa nendukung sistem konservasi yang sedang berjalan ini.

  14. Saya sangat mendukung dengan adanya kebijakan tersebut. Apalagi kalau kebijakan tersebut diterapkan setiap hari (kecuali Sabtu Minggu), tidak hanya pada hari bumi saja. Motor, mobil, dan kendaraan bermotor lainnya hanya diperbolehkan masuk lingkungan kampus pada malam hari saja, kecuali untuk yang sedang sakit atau yang sudah sepuh yang tidak memungkinkan untuk berjalan jauh atau bersepeda boleh masuk menggunakan kendaraan dengan syarat tertentu.
    dan untuk mahasiswa unnes yang tempat tinggalnya dekat kampus, alangkah baiknya jika berangkat ke kampus dengan berjalan kaki atau bersepeda saja. selain menghemat energi (bahan bakar), berjalan dan bersepeda juga dapat memperlancar peredaran pembuluh darah sehingga baik untuk kesehatan.

  15. Kenapa kegiatan seperti cuma untuk memperingari hari bumi saja ??setidaknya kegiatan seperti ini bisa kita lakukan setiap bulanya mungkin di tanggal-tanggal tertentu serta kegiatan itu tidah hanya di lakukan mahasiswa-mahasiswi ataupun para bapak/ibu dosen tapi seluruh masyarakat kampus tanpa terkecuali

  16. Sebaiknya kegiatan seperti ini dilakukan tidak hanya setengah hari, tetapi harusnya sampai sore hari, karena kegiatan atau aktivitas kampus juga sampai sore, toh UNNES kan Universitas Konservasi.

  17. langkah yang bagus untuk tetap menjalankan prinsip konservasi, memperingati hari bumi, tapi kurang bagus jika fasilitas untuk menjalankan konservasi tidak terpenuhi.
    semoga bukan hanya mahasiswa yang menjalankan prinsip konservasi, tetapi semua yang masuk area kampus harus mengikuti peratursan konservasi.
    selamat hari bumi, selamat hari air juga untuk kedepannya .

  18. Baiknya kita dukung semangat Konservasi Unnes dengan aksi yang nyata,,,,sesuai dengan kemampuan, sesuai dengan pemahaman, sesuai dg apa yang kita ketahui, yang kita yakini akan memberikan manfaat dan kebermaknaan dalam hidup kita,,,,,
    Baiknya tidak perlu di dramatisir kaitanya dengan segala kemungkinan, hambatan, gangguan dan tantangan kedepan,,,,
    Salam Konservasi Harmoni,,,,!!!

  19. Peringatan hari bumi di kampus Universitas Negeri Semarang yang diisi dengan kegiatan bebas asap kendaraan bermotor dari jam 06.00 – 12.00 WIB ini tentunya sangat baik, tetapi alangkah lebih baiknya jika setiap hari kita anggap hari ini, hari esok, dan hari-hari berikutnya adalah hari bumi, tentunya akan menjadikan Unnes menjadi kampus konservasi yang berhasil. :)

  20. Inovasi baru setengah hari tanpa kendaraan bermotor ini sangat mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, dan nyaman. Apalagi ditambah dengan memungut sampah yang ada dijalan untuk setiap mahasiswa, sikap ini menjadikan lingkungan lebih sehat karena mengurangi limbah yang telah banyak dihasilkan oleh manusia. Great job!

  21. Unnes sebagai universitas konservasi semoga mampu menjadi contoh bagi universitas lain untuk mendukung pelestarian lingkungan. Mulai dari adanya hutan mini dalam kampus, paperless, jalan kaki di dalam kampus, dll. Namun, alangkah lebih baiknya kalau upaya Unnes akan menyediakan sepeda dan mobil bertenaga aki, terutama untuk mobilitas di kampus kawasan timur segera direalisasikan bukan hanya angin lalu saja. dan pelaksanaanya adalah merata, terutama untuk penyediaan sepeda. terimakasih.

  22. Untuk unnes konservasi, mohon dong, sepeda yang ada di atas GSG itu du turunin dan di perbaiki. Konservasi tidak akan berjalan dengan harmoni jika fasilitaspun tak ada. Dan karena fasilitas yang tidak ada akhirnya mahasiswa pun akan merasa keberatan dengan kebijakan-kebijakan yang di buat. Apalagi timbul kecemburuan sosial saat ini dikarenakan banyaknya mobil yang masuk kampus.
    Talk less do more.

  23. Diwajibkan untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor sangat baik akan lebih baik lagi jika diadakan pula penanaman pohon oleh para mahasiswa dan juga dosen.

  24. Menurut saya, sebaiknya peka terhadap lingkungan mengenai pemungutan sampah tidak hanya sekadar di luar lingkungan seperti jalan kawasan unnes saja, tetapi perlu ditanamkan jiwa yang peka terhadap sampah-sampah yg berserakan di ruang kelas, koridor gedung kuliah dan daerah sekitar jurusan agar tercipta suasana nyaman ketika proses belajar mengajar. Selain itu, tidaklah melaksanakan kegiatan tanpa kendaraan saat memperingati hari bumi saja, tetapi digalakkan car free day setiap seminggu sekali. Terimakasih

  25. Coba saja kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa unnes, pasti warga unnes lebih terbangun konservasinya, dan dapat dibayangkan gaimana bersihnya unnes

    Lebih bagus lagi jika setiap hari kerja tidak ada satupun kendaraan bermotor parkir di dalam area kampus, baik mahasiswa maupun dosen/karyawan tanpa terkecuali. Kemudian sepeda kampus diperbanyak penyediaannya agar mahasiswa dapat menggunamanya dengan baik.
    (Sekedar harapan)

  26. Untuk persediaan sepeda, saya melihat ada byk sepeda yang tidak dimnfaatkan scr maksimal…
    Sepeda2 itu malah dibiarkan rusak di gsg,, perlu adanya evaluasi untuk pemanfaatan sepeda2 tersebut

    (Shofafatwa )

  27. Menurut saya, program setengah hari tanpa kendaraan bermotor yang diterapkan Unnes dalam rangka memperingati hari bumi sedunia sudah sangat tepat, sesuai dengan julukan Unnes sebagai Universitas konservasi dimana program ini sudah mengacu pada salah satu pilar konservasi yang Unnes terapkan sendiri. selain untuk mengurangi polusi yang ada, program ini juga dapat membentuk kita sebagai manusia yang harus peduli dengan lingkungan. harapannya, semoga dengan adanya program seperti ini unnes dapat meningkatkan kualitasnya sebagai universitas konservasi berdasarkan dengan pilar2 konservasi yang telah ada. sehingga dapat tercipta suatu kenyamanan bagi warga unnes sendiri. terimakasih :)

  28. Setengah hari bebas dari asap kendaraan bermotor memang tepat, tetapi ada yang jauh lebih penting dari itu. Sebaiknya bukan hanya melarang membawa kendaraan, tetapi bagaimana caranya agar hari bumi itu benar-benar dilakukan semanfaat mungkin, harus ada upaya mengajak bukan hanya mencegah. Misalnya penanaman pohon serempak bukan hanya dikawasan unnes saja.

  29. Kebijakan setengah hari tanpa kendaraan bermotor dalam rangka memperingati hari bumi ini, menurut saya sudah sangat bagus, tetapi alangkah baiknya apabila kebijakan tersebut diberlakukan secara rutin dan untuk semua kalangan (mahasiswa maupun warga Unnes yang lain). Untuk melengkapi kebijakan ini, akan lebih baik apabila Unnes memberikan fasilitas transport yang ramah lingkungan, misalnya sepeda. Saya berharap sepeda yang ada di parkiran (GSG) dapat segera dioperasikan. Terimakasih

  30. alangkah lebih baiknya diperingati tidak hanya setahun sekali tetapi sebulan sekali dan akan lebih baik lagi konservasi tidak dilaksanakan buat mahasiswa saja melainkan seluruh warga unnes dari yang bukan siapa-siapa sampai yang dikenal siapa saja.

  31. peringatan Hari Bumi ini baik sekali untuk dilakukan tetapi alangkah lebih baiknya jika diadakan sosialisasi yang lebih menyeluruh

  32. Program tersebut sangat baik dalam rangka memperingati hari bumi. Hal tersebut sangat bagus dalam medidik warga UNNES supaya lebih menjaga aktivitasnya untuk lebih peduli dengan bumi. Namun alangkah baiknya jika program tersebut dilakukan secara rutin atau bukan hanya pada hari bumi saja. Sehingga warga UNNES mampu menjadi pribadi yang berjiwa konservasi dan mampu mempelopori masyarakat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X