Besok, Pentas Tiga Wayang Langka di FBS

Senin, 30 Desember 2013 | 13:53 WIB


Dewan Kesenian Jawa Tengah bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes), menggelar Pergelaran Wayang Langka, Selasa, 31 Desember 2013, pukul 10.00, di B6 Fakultas Bahasa dan Seni Unnes.

Ketua Komite Teater DKJT Sendang Mulyana mengatakan, pergelaran akan menghadirkan tiga jenis wayang yang keberadaannya hampir punah karena tidak ada generasi yang menjadi pelaku kesenian tradisi itu.

“Akan ditampilkan wayang bengkong, wayang klithik, dan wayang jemblung,” ujar Sendang kepada Unnes.ac.id, Senin (30/12), di kampus Sekaran.

Selain memberikan apresiasi kepada wayang langka, menurut Sendang, pergelaran juga sebagai upaya untuk mengenalkan kesenian wayang yang keberadaannya makin terpinggirkan. “Sangat mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa di daerahnya sendiri sebenarnya banyak kesenian yang dulunya tumbuh dan berkembang,” katanya.

Dia juga berharap agar masyarakat tidak sekadar memahami wayang sebatas wayang kulit purwa yang disajikan semalaman dengan sumber cerita Mahabarata dan Ramayana. “Wayang-wayang pinggiran itu juga merupakan bagian tak terpisahkan dari teater tradisi,”  ujarnya.

Pergelaran terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.496 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *