Besok, Enam Dalang UNNES Unjuk Kebolehan

Senin, 13 Maret 2017 | 8:38 WIB


Besok, Enam Dalang UNNES Unjuk Kebolehan
HUMAS/DHONI

Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS UNNES, Prof Dr Teguh Supriyanto MHum, unjuk kebolehan dalam pergelaran wayang di B6 kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Desember 2012.

Enam dalang wayang kulit yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), bakal unjuk kebolehan membawakan dua lakon di gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (14 Maret 2017), mulai pukul 08.00.

Keenam dalang tersebut adalah Ki Teguh Supriyanto, Ki Widodo, Ki Sayuti Anggoro, dan Ki Didik Supriadi yang merupakan dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Sedangkan Ki Yossi Oktavianto dan Ki Nugrohasto, yang merupakan mahasiswa di jurusan yang sama, juga bakal membawakan lakon.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Widodo mengatakan, lakon yang dibawakan adalah Wirata Parwa, yang bakal dibawakan oleh Ki Didik, Ki Yossi, dan Ki Nugrohasto. Sedangkan tiga dalang lainnya bakal menyuguhkan Kresna Duta. Lakon Wirata Parwa bakal dibawakan dengan konsep pakeliran padat dengan durasi satu jam mulai pukul 08.00. Setelah itu, Kresna Duta akan dibawakan dengan durasi yang lebih panjang.

“Pergelaran wayang ini untuk tasyakuran FBS memperingati Dies Natalis ke-52 UNNES sekaligus menyambut tahun ajaran semester genap 2016/2017,” kata Widodo.

Ia mengatakan pergelaran sengaja dilaksanakan pada pagi hingga siang hari agar bisa mengakomodasi civitas akademika UNNES yang ingin mengapresiasi. Meski demikian, pergelaran wayang ini juga terbuka untuk umum.

Widodo menjelaskan, seluruh pengrawit (penabuh gamelan) dan sinden yang mengiringi jalannya pergelaran wayang berasal dari unsur dosen, karyawan, dan mahasiswa UNNES. “Acara terbuka untuk umum. Berita ini sekaligus undangan,” ujarnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 485 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *