Peringkat 6 Nasional dan 71 Dunia UI Green Metric World, Mengokohkan Internasionalisasi UNNES

Selasa, 3 Desember 2019 | 18:59 WIB


Peringkat 6 Nasional dan  71 Dunia UI Green Metric World, Mengokohkan Internasionalisasi UNNES

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menduduki peringkat 6 Nasional dan peringkat  ke-71 dunia sebagai kampus berkelanjutan versi UI Green Metric World University Rankings 2019, Jakarta, 4/12

Prof Dr Amin Retnoningsih MSi Kepala UPT Pengembangan Konservasi mengatakan, peringkat UNNES mengalami kenaikan signifikan karena pada tahun 2018 menempati peringkat ke-85 dunia. Raihan ini didapatkan karena komitmen pimpinan serta konsistensi UNNES dalam mengembangkan konservasi pada tiga pilar, nilai dan karakter, seni dan budaya serta sumberdaya alam dan lingkungan.

“Tahun ini, pemeringkatan UI Green Metric diikuti 780 perguruan tinggi dari 85 negara yang tersebar di seluruh dunia dari lima benua. Artinya, persaingan di tingkat nasional dan internasional menjadi ukuran peningkatan reputasi internasional. University of Wageningen, Belanda, masih bertahan pada peringkat pertama dunia, karena mendapat nilai sempurna pada ke 3 kategori UI Green Metric yaitu energy and climate change, waste, water. UNNES mampu bersaing dalam pemeringkatan UI GreenMetric nasional maupun internasional sekaligus mewujudkan komitmen jangka panjang menuju masyarakat dunia yang sejahtera, aman, dan nyaman hidup di bumi idaman”, tegas Prof Amin Retnoningsih.

Lebih lanjut Prof Amin menyampaikan, secara nasional UNNES menduduki peringkat ke-6 sebagai kampus berkelanjutan. Kampus berkelanjutan ini diukur dari 6 karegori, yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, and education. UNNES masih harus bersaing ketat dengan UI, IPB, UGM, UNDIP, dan ITS, terutama UGM sebagai pendatang  baru yang langsung menggebrak peringkatnya.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman meyampaikan, UNNES mampu bersaing di tingkat dunia karena memiliki keunggulan dalam kehijauannya serta terus berkembang dalam kategori lain.

“kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi merupakan  komitmen UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” ujar Prof Fathur Rokhman.


DIUNGGAH : Eko Setiyono
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: