Bermuhasabah terhadap Waktu

Kamis, 14 Juli 2016 | 13:49 WIB


Bermuhasabah terhadap Waktu
SETYO/HUMAS

Menghargai waktu sungguh menakjubkan, waktu cepat berlalu, lebih menakjubkan lagi banyak manusia melewatinya dengan sia-sia. Waktu sama dengan sehelai kertas kehidupan. Kertas kehidupan itu berisi sederetan kalimat-kalimat “Ibadah”.

Drs Sugeng Hariyadi SPsi MS dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan itu saat manjadi pembicara pada Halal Bi Halal dihadapan 611 orang Persatuan Wredatama (Paguyuban Pensiunan) dengan unsur Pimpinan UNNES, Kamis (14/7) di Auditorium Kampus Sekaran.

Sugeng Hariyadi juga menyampaikan, Rasulullah saw bersabda : Manfaatkanlah olehmu yang lima sebelum datang yang lima. Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum kesibukanmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan kayamu sebelum fakirmu (HR Hakim dan Baihaqi)

Untuk itu, sesuai Q.S 59 al-Hasyr : 18 yang berbunyi wahai orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat), dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, pertemuan seperti ini bisa menambah umur panjang, sebab bisa saling bertatap muka sesama para pensiunan untuk bernostalgia saat masih bekerja.

selaian itu, kata Rektor, kegiatan seperti ini manjadi guyup menghormati para sesepuh ibarat pepatah jawa ‘Mikul Duwur Mendem Jero’.

“Ini cara kami untuk menghormati kepada sesepuh Unnes secara sederhana,” kata Rektor.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 769 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *