Bermain Bersama Tanamkan Nilai Anti Korupsi Sejak Dini Lewat Festival Anti Korupsi UNNES

Rabu, 14 Juni 2017 | 13:01 WIB


Bermain Bersama Tanamkan Nilai Anti Korupsi Sejak Dini Lewat Festival Anti Korupsi UNNES
SIHONO/HUMAS

Mahasiswa mata kuliah antikorupsi dari Fakultas Ilmu Sosial adakan Festival Anti Korupsi pada Rabu (14/6) di Lapangan Terbuka Fakultas Ilmu Sosial. Acara yang bertema “Masa Depan Indonesia tanpa Korupsi” ini diikuti oleh 440 peserta dari kalangan siswa SD, MI, SMA, ataupun mahasiswa perguruan tinggi. Selain itu, acara ini dibuka oleh Drs Moh Solehatul Mustofa MA Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Turut hadir pula, Dian Rahmawati, selaku perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

 

Dalam sambutan pembukanya, Solehatul Mustofa mengingatkan kembali pada bahaya korupsi. Ia mengatakan bahwa korupsi adalah hal yang merugikan negara. Korupsi diibaratkan seperti rayap yang memakan kayu dari dalam, yang membuat kayu terlihat kuat di luar, namun keropos di dalam. Oleh karena itu, pendidikan antikorupsi merupakan hal yang penting. Selebihnya, terkait acara ini, ia mengapresiasi penuh sebagai media penanaman antikorupsi dari kalangan siswa SD hingga mahasiswa perguruan tinggi.

 

Selanjutnya, Dian Rahmawati, juga memberikan beberapa pesan. Ia menyatakan bahwa pemberantasan korupsi tidak hanya menangkap pelaku saja, namun juga mengawasi jalannya pemerintahan dan melaporkan adanya kemungkinan kasusnya. Ia juga menjelaskan tentang pentingnya menanamkan 9 nilai antikorupsi, yakni Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani, dan Adil.  Nilai-nilai tersebut tidak hanya diucapkan namun harus dilakukan sehari-harinya untuk menanggulangi niat korupsi dari setiap pribadi.

 

Setelah sambutan dari para tamu undangan, acara dilanjutkan dengan tiga permainan antikorupsi yang dilakukan oleh peserta. Permainan tersebut diharapkan dapat menanamkan nilai antikorupsi pada peserta.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 542 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X