Berkarya Melalui Menulis

Rabu, 2 Desember 2015 | 14:42 WIB


Berkarya Melalui Menulis
HUMAS/DOK

Dosen adalah sebuah profesi yang kegiatannya tidak jauh dari dunia menulis. Menulis menjadi suatu kebiasaan bagi dosen. Oleh karena itu, dosen diharuskan menuliskan materi perkuliahan, hasil penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat.

Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas negeri Semarang (Unnes) mengadakan kegiatan sosialisasi penulisan dan penerbitan buku ilmiah (buku teks) di ruang Adhock gedung C6 kampus Sekaran (1/12/2015).

Dekan FE Dr Wahyono MM mengatakan, kegiatan ini harus diaplikasikan kepada dosen. “Dosen harus mampu menerbitkan buku, baik secara individual atau kelompok. Sehingga dosen di Fakultas Ekonomi Unnes memiliki banyak karya dosen,” katanya saat membuka acara.

Hadir sebagai pembicara, Novietha Indra Sallama SE MSi (Manajer Produksi Salemba Empat Jakarta) dan Agung Kuswantoro (dosen Fakultas Ekonomi Unnes). Kedua pembicara materinya saling terkait, dimana ada korelasi antara penulis dan penerbit.
Novietha Indra Sallama memaparkan mengenai penerbitan buku yang ada di perusahaan Salemba Emban Patria (Salemba Empat) mulai dari pengiriman, seleksi naskah, editor, hingga pemasaran.

Sedangkan Agung Kuswantoro, MPd memaparkan tips dan trik dalam penulisan bagi dosen. Dia berpendapat bahwa profesi dosen adalah seperti menambang emas, namun emasnya belum muncul karena ide atau gagasan dosen belum dituangkan dalam sebuah tulisan. Jadi emasnya belum terlihat bersinar.

Dihadiri dosen jurusan pendidikan ekonomi dan beberapa dosen di lingkungan FE, kegiatan ini diharapkan setiap dosen mampu menyiapkan dan menuliskan serta menerbitkan sebuah buku yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Agung Kuswantoro/FE


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 740 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X