Bekal untuk Para Calon Pemimpin

Selasa, 24 April 2012 | 6:37 WIB


Banyak hal yang didapat selama tak kurang dari 3,5 tahun menimba ilmu di kampus Sekaran. Berbekal keinginan untuk memimpin dan melakukan hal-hal positif.

“Kampus Unnes laksana tempat yang komplet untuk belajar. Semuanya ada. Mahasiswa hendaknya memaksimalkan hal itu,” ujar Pangestika Tuhu Kristianti, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Hari ini (Selasa, 24/4) dia dinobatkan sebagai wisudawan terbaik wisuda periode I tahun 2012, di auditorium kampus Sekaran.

Menurutnya, mahasiswa harus memiliki keinginan besar supaya dapat menjadi manusia yang membawa perubahan. “Tanpa keinginan dan kemauan besar, mahasiswa akan sulit mewujudkan cita-cita,” kata wisudawan yang telah menjadi pengajar di SMA 1 Juwana Pati itu.

“Ketika mengajar, saya selalu memosisikan murid sebagai calon pemimpin. Sebisa mungkin membuat pembelajaran di kelas menjadi hidup dan interaktif,” kata gadis yang pernah memenangi kompetisi menulis artikel berbahasa Jawa di Wikipedia itu.

Pangestika mengaku terbiasa belajar di berbagai sudut kampus. Suasana kampus yang asri membuat sesiapa pun merasa nyaman untuk berinteraksi. “Membaca, ngobrol, hingga hotspot-an pun makin mengasyikkan, di mana pun tempatnya,” bangganya.

Selain tempat menimba ilmu, Unnes menurutnya menjadi wahana yang mumpuni dalam mengolah keterampilan dan berorganisasi. Setidaknya manfaat itu ia rasakan saat berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat. “Kepandaian tanpa soft skill ibarat sayur tanpa garam,” katanya.

Dia berharap, dengan semangat konservasi yang telah dikumandangkan Unnes, para wisudawan hendaknya dapat menjadi kader-kader konservasi yang dapat memberi keteladanan. “Jangan menyerah dalam menghadapi hal-hal penting. Hal penting itu datang saat mulai menyerah,” ucapnya ketika ditanya tentang moto hidup.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.116 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

3 komentar pada “ Bekal untuk Para Calon Pemimpin

  1. selamat untuk para wisudawan dari Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa khususnya Sdr. PAngestika Tuhu yang meraih predikat wisudawan terbaik Fakultas dan Universitas. Aja lali, almamater ibarat ibu kandung … dadi kudu bisa mikul dhuwur mendhem jero … selamat berkarya.

  2. selamat dan sukses kepada pada wisudawan/wisudawati 2012 Gel.1
    selamat memasuki lembaran baru dalam kehidupan, dan semoga menjadi tenaga pengajar yang profesional, yang menaruh tugas sebagai kewajiban, yang selalu membimbing para murid dengan profesional.
    hati hati jangan menjadi tenaga pengajar yang sering diproyek tetapi jarang di sekolah/kampus..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *