Beasiswa Sekolah di Jepang

Minggu, 3 Juni 2012 | 13:50

Berita Terkait

Bagi lulusan SMA, Kedutaan Besar Jepang menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang. Beasiswa ini untuk kuliah di Jepang mulai tahun akademik 2013.

Pelamar hanya bisa mendaftar satu program dari S-1, D-3, atau D-2. Syarat-syarat pelamar yakni lahir antara tanggal 2 April 1991 dan tanggal 1 April 1996. Nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester/cawu terakhir minimal 8,4 untuk program S-1; 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2.

Jika pada saat penutupan (15 Juni 2012) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima. Pelamar harus lulus dari SLTA, atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013.

Formulir bisa didownload dari website Kedutaan Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Formulir yang sudah diisi bisa diantar atau dikirimkan ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang, lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sampai tanggal 15 Juni 2012.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 021-3192-4308 Ext. 175, 176.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

29 Komentar untuk “Beasiswa Sekolah di Jepang”

  1. erna

    Minggu, 3 Juni 2012 | 16:24

    kalau untuk tenaga kerja ada tidak y,,saya ingin sekali bisa kerja di jepang.terima kasih

  2. FITRIANA KHAERUNISA

    Minggu, 3 Juni 2012 | 19:28

    persyaratan lengkapnya apa saja?
    apakah perlu lulus toefl dulu?

  3. Anton

    Minggu, 3 Juni 2012 | 21:05

    Apakah ini diberlakukan sistem seleksi ???

  4. akhmad fauzi

    Minggu, 3 Juni 2012 | 22:02

    daahssyat, ke jepang.!

    bisa gag yaa saya ikut.?

  5. Mizu Shuifenshen

    Minggu, 3 Juni 2012 | 22:47

    kalo disana nda bisa ngimbangi kepinteran anak jepang gmn??
    di depak?
    T__T

  6. Septi Ratnasari

    Senin, 4 Juni 2012 | 05:31

    Pngumpulan frmulir plg lambat tgl 15 smpai sana, ntar yg lolos seleksi baru tes (smua soal b.ing), yg lolos diwawancara (b.ind), ,kalo udh lolos lg dbrgkatkan bulan jnuari 2013 dg tnjangan ¥117.000 = 13.567.638,2724 rupiah.

  7. monica

    Senin, 4 Juni 2012 | 11:05

    saya mau bertanya, syarat yg harus diberikan itu rapor kelas 12 SMA semester 5 dan 6 atau hanya semester 6 saja?
    terima kasih

  8. tuti alawiya

    Senin, 4 Juni 2012 | 14:49

    wah kejepang pingin banget ^_^

  9. Tri Iryani

    Senin, 4 Juni 2012 | 20:45

    Saya sudah kuliah semester 4, apa masih boleh ikut daftar?

  10. dyah

    Rabu, 6 Juni 2012 | 10:22

    saya juga mau kuliah di jepang, sebentar lg saya lulus kuliah S1 tp, boleh gk ya ikut beasiswa ini? :)

  11. PBJ

    Rabu, 6 Juni 2012 | 21:42

    @tri, dyah, dst.
    Ini beasiswa khusus untuk tingkat SMA, kalau kalian sudah lulus S1, beasiswa MEXT (Monbukagakusho) untuk research student jg ada tersendiri. Bisa dilihat di laman web kedutaan besar Jepang.
    Sumber : Monbusho Research Student http://erisukolies.blogspot.com/2012/04/beasiswa-monbukagakusho-2012-research.html

  12. Dewi Anggini

    Senin, 11 Juni 2012 | 03:07

    saya masih kelas 3 awal, kan smester barunya juga blom dimulai. brrti saya blom punya nilai rapot kelas 3. gmna dong? saya pngen banget ikut beasiswa ini

  13. nila viviana suryani

    Rabu, 13 Juni 2012 | 16:14

    kalo buat lanjut S1 ada gak??

  14. Silvia Nurfitriani

    Jumat, 22 Juni 2012 | 10:17

    maaf, kalau lulusan yang smk nya gimana?
    lalu syarat-syaratnya apa saja?

  15. endang nur ulfah

    Minggu, 22 Juli 2012 | 14:40

    saya minat bangrt untuk tahun depan ketika saya lulus, amin. saya bisa kuliah di jepang. mohon doanyaa sob.

  16. bambang setiawan

    Kamis, 26 Juli 2012 | 08:51

    telah dibuka pendaftaran sekolah untuk kejepang. (bambang7714@yahoo.co.id)
    hp=081515839385
    flexi=03131223277
    terima kasih.

  17. aka

    Sabtu, 1 September 2012 | 10:17

    kalau kelahiran tahun 1997?

  18. citra puri prameswari

    Sabtu, 8 September 2012 | 13:52

    saya sudah lulus SMK 3 tahun lalu lalu bekerja , apa masih bisa ikut ??

  19. andre

    Selasa, 18 September 2012 | 03:53

    saya tamatan smk bisa tidak saya sekolah sambil bekerja di jepang

  20. Andin

    Selasa, 18 September 2012 | 14:08

    maaf, apakah pengumumannya bisa dimajukan? saya akan lulus SMA tahun 2013, apakah bisa pengumumannya tidak di tahun 2014? bisa jadi di bulan2 agustus tidak?

  21. nee maulida

    Minggu, 21 Oktober 2012 | 13:59

    kalau mau ikut beasiswa ke jepang , harus bisa bhsa jepang dulu gitu ?

  22. nengsal

    Senin, 24 Desember 2012 | 15:37

    harus kelahiran 1 atau 2 april?

  23. hasan

    Rabu, 26 Desember 2012 | 07:40

    saya minat sekali ke jepang…..gimana ya caranya supaya saya bisa sekolah ke jepang…….saya sudah bisa bahasa jepang sedikit2….tapi saya bingung giman caranya supaya saya bisa sekolah ke jepang…..

  24. Niko

    Rabu, 2 Januari 2013 | 20:40

    Saya sudah kuliah D3, ingin meneruskan atau kuliah lagi S1 dengan jurusan yang berbeda apakah bisa?

  25. Resti Rusmiati

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 22:05

    saya ingin kuliah d jepang, apakah persyaratan rumit?

  26. aditya

    Jumat, 15 Maret 2013 | 20:24

    nilai rapot kan bisa manipulasi…sebaiknya di tes dong…kalau di tes kan tau kemampuan calon mahasiswanya…dan saya akan mengikuti jika ada seleksi dengan cara test

  27. ayu indrayani

    Senin, 3 Juni 2013 | 16:06

    untuk dokumennya bisa di email saja karena saya tidak di jakarta ????

  28. nafar elfaza

    Kamis, 18 Juli 2013 | 12:05

    bisa gak lulusan smk dapat…???

  29. Dini

    Sabtu, 7 September 2013 | 12:25

    Duh telat infonya. Tahun 2013 ini ada gak ya?