Bagian Pidana FH Dialog dengan Napi Nusakambangan

Selasa, 12 Juli 2011 | 7:42 WIB


Bagian Pidana Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang mengadakan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kembang Kuning di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu 6 Juli 2011

Kunjungan itu dalam rangka pengabdian masyarakat yang menjadi agenda rutin Bagian Pidana. Ikut dalam kunjungan itu para dosen dan 30 mahasiswa yang disertai Pembantu Dekan I Suhadi dan Pembantu Dekan III Ubaidillah Kamal FH serta pegawai tata usaha.

Rombongan disambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kembang Kuning Nusakambangan Herry Yunianto beserta jajarannya. Setelah pemaparan mengenai model pembinaan di dalam LP, dipaparkan permasalahan yang dihadapi dan solusi yang dikembangkan LP.

Rombongan kemudian wawancara dengan para narapidana (napi). Beberapa narapidana yang berhasil di antaranya Samuel, warga negara Nigeria yang mendapatkan pidana Hukuman Mati pada tahun 2003. Setelah mengajukan upaya hukum luar biasa peninjauan kembali pada 2008, pidana tersebut berubah menjadi pidana penjara selama 12 tahun.

Selama di LP Kembang Kuning Nusakambangan, kata Samuel, dirinya mendapatkan pembinaan dari LP dalam beberapa hal. Antara lain pembinaan mental melalui kajian keagamaan serta program kemandirian lewat pendidikan kewirausahaan.

Beberapa napi lain juga menyatakan hal senada dengan Samuel.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.043 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *