Awas, Penipuan Mengatasnamakan Rektor

Senin, 4 Februari 2013 | 19:20 WIB


Percobaan penipuan berkedok undangan seminar kembali terjadi. Kali ini, melalui sistem maklumat singkat (SMS), pelakunya mengaku sebagai Rektor Universitas Negeri semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo.

Prof Tandiyo Rahayu dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) melaporkan hal itu kepada Rektor Unnes, Senin (4/2). SMS itu (apa adanya, tanpa diedit –Red) berbunyi, “Selamat siang,Saya. Prof. Dr. H. Sudijono Sastroatmodjo, (REKTOR UNNS) Anda diundang untuk menghadiri seminar “peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dari Ditjen DIKTI KEMENDIKNAS tgl 9-10 februhari 2013 di Hotel Arya Duta Jakarta, (No.Peserta Anda 9992277) (Biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh DITJENDIKTI KEMENDIKNAS,Rp.5jt/peserta) Untuk Menerima Dana Transportasi & Akomodasi,Sekarang Anda bisa Langsung Menghubungi Ketua Panitia Penyelenggara Prof.Dr.Supriadi Rustad,MSi (Bpk.Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikti) di No Hp Beliau.081284374287,Undangannya bisa diambil hari rabu jam 10 pagi diruangan saya,Maaf baru sempat sms kebetulan ada acara keluarga di luar kota.”

Terkait dengan modus tersebut, Kepala Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengimbau semua warga Universitas Konservasi ini untuk tidak terkecoh oleh SMS seperti itu. “Jika ragu, silakan melakukan konfirmasi di kantor kami, di lantai II rektorat kampus Sekaran,” katanya.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 5.232 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

13 komentar pada “Awas, Penipuan Mengatasnamakan Rektor

  1. Dari isinya saja sudah kelihatan menipu. Saat menerima sms yang mengatasnamakan pejabat, cermati dulu isi smsnya. Jadi memang harus hati2.

  2. Penipuan-penipuan semacam inilah yang membuat citra negara kita tercoreng.
    Masih ada saja orang yang jail seperti itu. Ga Punya kerjaan kali.

  3. kasihan penipunya tuh……
    dari kata katanya saja sudah tidak masuk akal…….
    Kalau ada yang masih tertipu, berarti ya NASIB…….
    Hati hatilah…….

  4. Kalau pak Rektor SMS kayaknya kurang kerjaan bangeet
    Itu saya juga pernah mendapatkan sms semacam itu.
    Dan seharusnya Unnes melaporkan hal itu kepada yang berwajib sehingga dapat diblokir rekening dan diketahui pelaku sms iseng itu.

  5. Hari ini, 29 Agustus 2013 mereka mengatas namakan Dirjen Pendidikan Menengah: Hamid Muhammad Msc Ph.D (padahal beliau ndak ada Msc nya) dgn tema seminar yg sama di Hotel Nusa Dua Bali. Uangnya lebih gede: Rp 7 juta. Mereka pun punya data nama Kepala Sekolah dan nama calon korban secara lengkap. No. HP yg dipakai adalah 081243483279 – 081296356409. Apakah ada oknum Diknas ya yg bermain?, maaf ndak suudzon lho :D

  6. Hari ini saya pun mendapat pesan serupa, nominalnya 7 juta. Nomornya sama,Hotelnya Arya DUta.
    Yang jadi pertanyaan saya, KOK BISA TAHU NAMA+GELAR KEPALA SEKOLAH saya.
    Kok…..???

  7. sama barusan saya juga mendapat sms yang sama, yang isinya berupa undangan seminar nasional di Hotel Duta Jakarta, semua transportasi serta akomodasi sudah ditanggung oleh Derjen dikti, dengan menawarkan biawa 5 jt rupiah. mengatas namakan panitia Hamid Muhamad, MSc.
    saya mengharapkan kasus modus penipuan seperti ini, yang berkompeten dalam masalah ini sedapatnya segera bersigap. untuk mengatasinya

  8. Saya jg demikian.. Kemungkinan data lengkap kita yg dikirim ke pusat telah dibobol oleh pelaku, atau yg biasa disebut dg ‘hacker’. Modusnya nanti korban diminta nomer rekeningnya, lalu ke atm dg memasukkan nomer yg disebutnya no peserta seminar. Bisa jadi nantinya saldo yg ada di rekening kita diambil dlm waktu yg bersamaan. Smoga target sasaran lainnya bisa lebih berhati2 dan bijak dlm menanggapi hal demikian.

  9. Td sore sy dapet sms gt jg,,merasa janggal sy crosscek dulu kebenarannya dan tak lupa googling acara seminar tsb di web penyelenggara untuk cari informasi dan jg nemu bewara ini:) alhamdulillah infonya sgt bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *