Tim Ekspedisi Mahapala Berlatih di Gunung Sumbing

Rabu, 9 Oktober 2013 | 8:41 WIB


Tim Ekspedisi Mahapala  Berlatih di Gunung Sumbing
HUMAS/DOC

Menjelang pendakian ke puncak Aconcagua, atlet Spirit of Indonesian Youth Expedition (SIYE) Part III Mahapala Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali berlatih naik gunung. Kali ini Gunung Sumbing yang berketinggian 3.373 mdpl dipilih sebagai objek latihan.

Selain pendakian, mereka juga mengikuti latihan jalan dengan beban sejauh 10 km dengan medan bervariasi, fitness di GOR Jatidiri, dan vertical running untuk mengasah speed atlet, dan renang untuk melatih pernapasan.

Kepada unnes.ac.id, Rabu (9/10), Ketua Tim Teknis SIYE 3 Syafi’i mengatakan, tim terdiri atas tiga atlet (Putra Triya, Miftakhul Ulum, Hermawati) dan tiga pendamping (Tri, Syaefudin, Suparjo). Mereka memulai pendakian dari Base Camp Jambu, Temanggung. Base Camp Jambu memiliki jalur pendakian terpanjang di Gunung Sumbing.

“Ini merupakan medan yang sangat cocok dengan karakteristik Gunung Aconcagua. Selain jalurnya panjang, cuaca di jalur ini juga ekstrem. Karena itu, kami memilih jalur ini untuk latihan,“ ujar Syafi’i.

Syafi’i juga mengemukakan, selama enam hari di Gunung Sumbing, atlet melakukan kegiatan hidup di puncaknya. “Atlet juga melakukan latihan naik turun gunung tersebut empat kali dengan beban 18 kg,” ucapnya.

Hermawati, salah satu atlet SIYE menuturkan, latihan naik turun gunung ini dimaksudkan supaya atlet terbiasa dengan perjalanan panjang dan melatih ketahanan berjalan mereka. Di Gunung Sumbing ini atlet juga melakukan latihan menggunakan alat pendakian gunung es, seperti latihan moving together, latihan menggunakan crampon, dan latihan menggunakan ice axe.

“Awalnya memang susah menggunakan alat-alat gunung es, tapi setelah dua hari mencoba, saya sudah mulai bisa memakai alat-alat tersebut,“ tutur Hermawati.

Ma’rifah juga mengatakan, dengan sisa waktu yang tinggal 36 hari lagi, timnya yakin akan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Aconcagua (6.962 mdpl). “Kami mengharap dukungan dan doa semua pihak supaya kegiatan ini dapat sukses dan menjadi kebanggaan bersama,” katanya.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 2.291 kali
EDITOR : Rohmawati

6 komentar pada “Tim Ekspedisi Mahapala Berlatih di Gunung Sumbing

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X