Aryo Sunaryo Menangi Sayembara Menulis Buku

Senin, 2 Desember 2013 | 10:53 WIB


Aryo Sunaryo Menangi Sayembara Menulis Buku
DOK/HUMAS

Dosen Seni Rupa FBS Unnes Aryo Sunaryo kembali memenangi sayembara naskah buku pengayaan yang diadakan oleh Pusat Perbukuan Kemendikbud. Hadiah diserahkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Ramon Mohandas PhD, di Jakarta, 27 November lalu.

Aryo menang sebagai juara II untuk kategori Pengayaan Pengetahuan Sosial dan Humaniora untuk SMA. Naskahnya berjudul Mencermati Aneka Ornamen Candi Prambanan.

Bagi Aryo, kemenangan ini merupakan kali ketiga. Tahun 2009 dia juara III untuk kategori Buku Pengayaan Pengetahuan Sosial-Humaniora dengan judul Rupa Wayang, Pengenalan dan Apresiasi Seni Rupa Wayang Kulit Purwa. Setahun berikutnya juara II untuk Pengayaan Keterampilan Vokasional dengan naskah Mosaik, Menata Kepingan Menjadi Karya Menarik untuk SMA/ sederajat.

Berdasarkan keterangan penyelengara, lomba tersebut telah tergelar sejak 2007. Semula pesertanya para pendidik dan tenaga kependidikan se-Indonesia, namun sejak 2012 peserta diperluas, mencakupi siswa SMA/SMK dan masyarakat umum.

Tahun ini, panitia mendapat 808 naskah. Setelah melewati tahap praseleksi dan penilaian, 47 naskah dinyatakan sebagai calon pemenang. Mereka diundang ke Jakarta untuk penentuan pemenang melalui tahapan wawancara. Setelah wawancara, diputuskan 45 pemenang dalam berbagai kategori. Aryo salah satunya.

Secara terpisah, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman menyambut gembira atas prestasi yang diraih Aryo Sunaryo. “Kreativitas Pak Aryo patut menjadi teladan bagi kita semua, terutama para dosen yang lebih muda,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 1.699 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

10 komentar pada “Aryo Sunaryo Menangi Sayembara Menulis Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X