Satpam Harus Berikan Pelayanan “Plus-plus”

Rabu, 2 Oktober 2013 | 11:03 WIB


Satpam Harus Berikan Pelayanan “Plus-plus”
Dwi Sulistiawan / Humas

Staf UPT Pusat Humas Unnes Ariyani Widyastuti SE, ketika menjadi narasumber pada Pelatihan Layanan Tamu bagi Petugas Keamanan di Unnes.

Dalam memberikan pelayanan, satuan pengamanan Universitas Negeri Semarang (Unnes) harus diawali menyapa dengan sopan, tersenyum, dan menatap lurus ke mata siapa pun yang hendak meminta informasi dan bantuan.

“Pelayanan prima oleh petugas keamanan adalah pelayanan yang “plus-plus”, yaitu pelayanan yang melebihi harapan dari tamu yang datang ke Unnes,” kata Ariyani Widyastuti SE, Staf Humas Unnes, ketika menjadi narasumber pada Pelatihan Layanan Tamu bagi Petugas Keamanan di Unnes, Rabu (2/10), di gedung H Unnes kampus Sekaran.

Menurut Ariyani, satpam jangan cuma memberikan pelayanan yang biasa saja. “Jika petugas hanya tersenyum dengan ramah dan mengucapkan salam kemudian mengarahkan parkir kendaraan dan membukakan pintu, serta mengawasi keadaan sekitar, itu standar pelayanan yang biasa,” ungkapnya, di hadapan puluhan petugas keamanan Unnes.

Staf Humas yang sering menjadi pemateri tentang kepribadian ini juga mengingatkan agar petugas keamanan selalu menyapa dengan suara ramah dan sopan namun tegas, tetapi tidak ketus, tidak memberi kesan galak atau angker, serta tetap berwibawa. “Senyum, salam, sapa yang baik, serta tetap sigap dalam memberikan pelayanan,” kata Ariyani yang juga Koordinator Protokoler Unnes itu.

Pelatihan ini, menurut Kepala Bagian Umum Unnes Widi Widayat, sebagai penyegaran dalam tugas dan pelayanan dengan standar prima, karena petugas keamanan adalah garda depan sebagai corong pelayanan paling awal di lapangan. “Beberapa minggu yang lalu acara ini juga telah dilakukan pada petugas kemanan di lingkungan Rektorat, “ tuturnya saat membuka acara.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 2.087 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Satpam Harus Berikan Pelayanan “Plus-plus”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X