Arsip Nasional dan Unnes Jalin Kerja Sama

Jumat, 11 Januari 2013 | 13:49 WIB


Arsip Nasional dan Unnes Jalin Kerja Sama
SIHONO/HUMAS

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M Asichin SH MHum dan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof Fathur Rokhman mewakili Rektor Unnes menjalin kerja sama yang terealisasi melalui nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU), Jumat (11/1), di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes.

Nota kesepahaman meliputi sinergi bersama di bidang kearsipan dalam rangka pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Kepala ANRI mengemukakan bahwa arsip seperti dua sisi mata uang. “Satu sisi adalah arsip statis yang mampu menjelaskan peristiwa masa lalu, sedangkan sisi lain adalah sisi dinamis sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan,” katanya.

Dari  sisi akademis, lanjut Kepala ANRI, lembaga yang dipimpinnya akan memberikan bantuan berupa sarana dan biaya dalam mengembangkan dan menjaga sejarah bangsa. “Kami berharap kerja sama ini benar-benar terwujud nyata terutama dalam peningkatan sumber daya manusia,” tambahnya.

Pada bagian lain, PR IV mengatakan, penandatanganan ini akan memberikan manfaat dan semakin memperkaya jalinan kerja sama Unnes dengan instansi lain. ”ANRI akan menjadi rekan kerja sama yang akan memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh ilmunya di bidang sejarah,” katanya.

Karena itu, PR IV berharap penandatanganan MoU akan berdampak positif  dalam peningkatan berbagai hal terutama pendidikan.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 2.790 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Arsip Nasional dan Unnes Jalin Kerja Sama

  1. Arsip terdiri dari Tiga category, aktif, inaktif, Dan statis. Arsip aktif masih kita gunakan sekarang untuk kepentingan adminstrasi. Konservasi arisip berlaku untuk category kedua dan ketiga. Konservasi arsip untuk menjaga warisan budaya bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *