Angkatan 2010 Bebas dari 13 Item Biaya

Selasa, 19 Juli 2011 | 6:17 WIB


Angkatan 2010 Bebas dari 13 Item Biaya
SIHONO/HUMAS

Mahasiswa Unnes angkatan tahun akademik 2010/2011 tetap akan bebas dari 13 item, sebagaimana yang harus dibayar oleh angkatan sebelum dan sesudahnya. Itu sebagai konsekuensi dari relatif lebih tingginya sumbangan penyelenggaraan lembaga (SPL) yang mereka bayarkan.

Hal itu ditegaskan kembali oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi di depan para dekan, pembantu dekan bidang administrasi umum, dan pembantu dekan bidang kemahasiswaan seuniversitas ini, di rektorat kampus Sekaran, Senin (18/7).

“Dengan SPL yang telah mereka bayarkan, mahasiswa angkatan 2010 pada saatnya nanti tidak perlu lagi membayar biaya praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa kependidikan dan praktik kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa nonkependidikan. Bebas juga dari pembayaran biaya kuliah kerja nyata (KKN),” katanya dalam pertemuan yang juga dihadiri Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Drs Wahyono MM.

Kepada jajaran pemimpin di kampus, terutama para pembantu dekan bidang kemahasiswaan, PR III ini berharap mereka menginformasikan kembali kepada para mahasiswa tentang hal itu. “Sebab, sampai saat ini masih timbul keraguan di kalangan mahasiswa tentang hal ini,” katanya.

Semua pihak, lanjut Prof Masrukhi, sudah semestinya melakukan pengawalan atas implementasi kebijakan tersebut. “Tidak hanya pemimpin pada tingkat universitas dan fakultas, tetapi juga jurusan, bahkan para fungsionaris lembaga kemahasiswaan,” katanya.

PR III kemudian memerinci 13 item biaya yang dibebaskan dari kewajiban untuk membayarnya bagi mahasiswa angkatan 2010. Selain PPL/PKL dan KKN, sebelas item lainnya adalah wisuda, program pengenalan akademik dan kemahasiswaan (PPAK), orientasi kepramukaan perguruan tinggi (OKPT), jaket almamater, tes kesehatan, dana kesetiakawanan, ansuransi, ujian skripsi, pengambilan ijazah, dan legalisasi ijazah.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 5.373 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

15 komentar pada “Angkatan 2010 Bebas dari 13 Item Biaya

  1. kalau PKL/PPL, KKN, wisuda mah wajar-wajar saja… kok KKLnya kagak sekalian…???
    orang saya dulu OKKA, ujian skripsi, pengambilan ijasah dll-nya saja gratis kok…
    padahal dulu cuma bayar 3jt doank…
    kasihan lah para adik-adiku yg sudah bayar mahal….

  2. kalau KKL itu emang kebijakan dari fakultas masing-masing, karena tidak semua fakultas melaksanakan KKL, hanya beberapa fakultas saja, jadi wajar jika mereka harus membayar lagi.

  3. Assalamualaikum wr.wb
    Yth. Pak Rektor Unnes, maap sblmnya prtnyaan sya ckup pedas,
    SPL 9-15 juta utk mengkover 13 bidang kgtan.
    apa yg mnjadikan jaminannya jk 2,5-3 tahun kedepan memang tdk mmbyar ke 13 item itu…..kami takutnya nantinya bpk lupa2 ingat..trims
    Unnes Konservasi!!!

  4. Bagi para mahasiswa angkatan 2010 hal tersebut dirasa masih kurang. Bisa saja angkatan sebelum dan sesudahnya mendapatkan fasilitas yang serupa kan? Mohon keterbukaan dari pihak unnes mengenai berbagai rincian biaya yang digunakan!.!
    Terima kasih

  5. asslm
    kalau bisa angakatan 2010 dikasih rinciannya yang lebih jelas lagi seperti angkatan 2011 sekarang ini. agar tidak timbul kecurigaan lagi.thnxs
    wss.

  6. aslm..menurut saya memang baiknya setiap mahasiswa angktan 2010 diberi rincian dana SPL supaya semuanya jelas, wali murid pun juga tidak lagi bingung..trims

  7. saya bingung. saya mahasiswa Pendidikan teknik elektro. ada PPL ada PKL. saya sebagai jurusan pendidikan dan juga sebagai orang TEKNIK. di atas di sebutkan
    tidak perlu lagi membayar biaya (PPL) bagi “mahasiswa kependidikan” dan praktik kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa “nonkependidikan”.
    di mading ada 2 edaran. yang pertama di tarik biaya 250rb yg kedua di bebaskan biaya karena sudah membayar. INI BAGAIMANA?

  8. ini makin membingungkan, saat meminta tanda tangan tentang surat pkl sekalian tanya tentang hal di atas, tetap suru bayar. trus apa gunanya mading ada 2 pengumuman? dan hal ini sangan berkebalikan?

  9. hampir meningkat 7jutaan(2x lipat) dana yang harus kami bayarkan…untuk jurusan lain malah ada yang lebih, jadi tolong di rinci sedetail2nya penggunaan dananya pak.. buk… biar gag ada kesalahpahaman… maturnuwun.

  10. Apa sebaiknya ada surat keputusan untuk rincian dana untuik angkatan 2010? daripada kita mahasiswa hanya menanti keputusan yang tidak tahu akan terealisasi atau tidak.
    terimakasih.

  11. Assalamualaikum wr,wb
    bapak pengurus universitas negeri semarang, kami mahasiswa angkatan 2010 mau minta kepastian nasib kami, karena kami terombang-ambing oleh isu pembayaran ppl dan kkn, tapi dosen2 pun banyak yang belum mengetahui, dan dari pihak yg berwenang belum memberi penjelasan tentang hal tersebut, kami minta kepastian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *