Nyanyian Murid SD buat sang Profesor

Jumat, 22 November 2013 | 12:25 WIB


Nyanyian Murid SD buat sang Profesor
Dwi Sulistiawan/Humas

Prof Dr Haryono MPsi dihadapan siswa SDN Ledok 02 Salatiga

Kuambil buluh sebatang/ Kupotong sama panjang/ Kuraut dan kutimbang dengan benang/ Kujadikan layang-layang.

Nyanyian anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ledok 02 Salatiga ini membuat Profesor Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Haryono MPsi yang akan memulai mengajar siswa di sekolah itu, Jumat (22/11), tampak terharu.

Prof Haryono, yang didampingi Dr Sri Sulistyorini MPd, sengaja mengajar di sekolah itu dalam program Professor Go to Schools. “Program ini merupakan gagasan Unnes dan baru saja diluncurkan,” kata Prof Haryono ketika mengenalkan diri pada murid dan guru di SD itu.

Kegembiraan juga tampak tersirat di wajah dosen Teknologi Pendidikan FIP Unnes itu. Berkali-kali dia memberikan sanjungan pada murid murid, “Seperti biasa, anak-anak selalu bisa merespon hal-hal yang baik dengan sesuatu yang baik dan positif pula. Saya senang, bisa mengajar disini bisa mengikuti nyanyian anak-anak,” ujarnya.

Menurut Prof Haryono, seorang professor perlu mencermati materi dan metode pengajarannya agar tidak hanya ceramah. Sekaligus kontinuitas program ini agar transfer pengetahuan terus berlanjut dari generasi ke generasi. Di sini profesor tidak sepenuhnya mengajar, tetapi lebih pada pendampingan. Kendala apa pun akan diidentifikasi, lalu dicarikan jalan keluar. “Kami selalu berusaha mendengarkan keluhan atas penerapan Kurikulum 2013. Bahkan kalau perlu, mencetuskan beberapa solusi atas persoalan pendidikan,” katanya.

Kepala SD Ledok 02 Salatiga Suparno menyembut gembira prakarsa tersebut. Menurutnya, upaya ini bukan hanya memberikan banyak motivasi kepada semua guru, tetapi juga menambah semangat guru dalam mengajar dan mendidik. “Selain itu, guru dapat berkonsultasi mengenai problematika pembelajaran dan mencari solusi,” ujarnya di hadapan beberapa guru SD itu.

Tak hanya menyanyi, dalam mengawali mengajar ini juga terdapat berbagai aktivitas yang membuat anak-anak lebih semangat. Ada cerita singkat dari Dr Sri Sulistyorini dan ada deklamasi dari beberapa murid kelas I dan IV.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.737 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Nyanyian Murid SD buat sang Profesor

  1. Terima kasih Prof….inspirasi seorang Profesor mampu menghipnotis kekaguman siswa untuk rajin belajar supaya menjadi Profesor (pesan telefon Pak De saya kepada saya di Salatiga yang di ceritakan putranya yang sekolah di SD Negeri Ledok 2 Salatiga) Professor go to School ……lanjutkan !!!!

  2. sungguh luar biasa Unnes tercinta. Kira2 program tersebut menjangkau daerah terpencil dan sekolahan madrasah tidak ya? semoga sampai. ammiin. Jayalah selalu Unnes Konservasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *