Alat Berkecepatan Tinggi, Pemindaian LJUN Diyakini Selesai Tepat Waktu

Selasa, 15 April 2014 | 15:43 WIB


Alat Berkecepatan Tinggi, Pemindaian LJUN Diyakini Selesai Tepat Waktu
HUMAS/DWI SULISTIAWAN

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum memantau petugas pemindai LJUN di Auditorium Kampus Sekaran, Selasa (15/4).

Pemindaian Lembar Jawab  Ujian Nasional (LJUN) diyakini akan selesai tepat waktu. Pasalnya, mesin pindai LJUN yang digunakan Unnes mampu memindai dengan kecepatan tinggi, yakni 60 LJUN tiap menit. Dengan 23 alat pindai yang dioperasikan dalam 3 sif, proses pemindaian akan berlangsung cepat.

“Unnes saat ini mengerahkan 180 petugas untuk memindai 1.496.272 LJUN SMA/SMK, Mereka akan mengoperasikan 23 alat pemindai dengan teknologi image scanning dan opscan,” terang Rektor dalam konferensi pers di hadapan puluhan wartawan.

“Kalau ada lembar jawab yang gagal dipindai dengan mesin biasa, misalnya lembarnya rusak, penghitaman jawaban kurang, atau jenis pensil yang digunakan salah,  bisa diatasi dengan mesin pindai citra,” tambahnya.

Unnes juga mengantisipasi jika terdapat LJUN yang tidak dapat di-scan. Petugas akan menyalin LJUN jika lembar jawaban tersebut tidak dapat discan.

Setiap hari, panitia UN kabupaten/kota mengirimkan berkas lembar jawab ujian ke Unnes. Waktu tiba di Unnes bervariasi karena jaraknya yang jauh. Sekolah terjauh terletak di Karimunjawa Kabupaten Jepara dan Nusa Kambangan Kabupaten Cilacap.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.967 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “Alat Berkecepatan Tinggi, Pemindaian LJUN Diyakini Selesai Tepat Waktu

  1. Sumbangsih Unnes sebagai lembaga pelayan Kependidikan mudah2an semakin dirasakan kebermanfaatanya bagi masyarakat Luas. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X