Akreditasi Beda dan Sekolah Menginduk, Bagaimana?

Rabu, 22 Januari 2014 | 8:25 WIB


Akreditasi Beda dan Sekolah Menginduk, Bagaimana?
yuwono/humas

Mengapa saat mengisi data sekolah, muncul akreditasi yang berbeda dengan akreditasi sekolah kami yang sebenarnya?

Pertanyaan itu disampaikan Mukti Wibowo, Guru SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang, saat sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 di Hotel Regina Pemalang, Selasa (21/1).

Mukti Wibowo menceritakan, saat ia login PDSS dan mengisi data sekolah, muncul akreditasi yang berbeda untuk sekolah kami, yang sebenarnya A dengan skor 84 lebih, di data PDSS muncul B.

Menanggapi hal itu, Dr Sugianto MSi, Ketua SNMPTN Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengatakan, hal itu harus segera dikonfirmasikan, dapat dikarenakan patokan penskoran yang berbeda, jangan sampai sekolah dan atau siswa dirugikan karena kesalahan sistem.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang Drs Maryoto MPd, saat memberi pengarahan menyampaikan, silahkan Kepala Sekolah atau yang mewakili memanfaatkan forum ini, seputar bagaimana beasiswa bidikmisi, sekolah yang nomaden, sekolah yang menginduk sekolah lain, pertimbangan nilai tinggi pada rapor, strategi menentukan pilihan program studi agar sukses SNMPTN.

Acara yang dihadiri tidak kurang 200 peserta, diramaikan beberapa pertanyaan dan kekhawatiran sekolah. Andori Kepala Sekolah SMA N 1 mengemukakan kekhawatiran pihak sekolah terkait pengelolaan sistem SNMPTN, mengkolaborasi nilai rapor, prestasi siswa, hasil ujian nasional, belum lagi bila terjadi kesalahan NISN.

Ia berharap perguruan tinggi harus cermat, jangan sampai salah klik yang menyebabkan siswa dan atau sekolah dirugikan.

Selain itu ia mengemukakan, pengisian data PDSS itu membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, mohon dipertimbangkan besaran (uang lelah red) yang akan dikirim ke rekening sekolah.

Sementara itu, Eka guru SMA N 1 Belik bertanya, pengisian nilai rapor di PDSS untuk kurikulum baru, sistem penilaian berbeda, kurikulum beda bagaimana?

Dr Sugianto menjawab, sistem PDSS dibuat sebelum tahun 2013, untuk itu khusus penilaian rapor dengan kurikulum 2013 jangan di entri dulu, nantinya sistem akan disesuaikan. Ia menegaskan, segala hal, masalah yang terkait dengan SNMPTN silahkan dapat hubungi call center SNMPTN 0804.1.450.450 atau hubungi PTN terdekat.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.874 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Akreditasi Beda dan Sekolah Menginduk, Bagaimana?

  1. Bpk/ibu mau tanya , bagaimana dengan sekolah yang menginduk, otomatis menginduk di sekolah yang sudah terakreditasi, apakah siswa kami dapat di daftarkan di PDSS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X