Jawa Tengah Kembali Raih Juara Umum Peksiminas

Jumat, 6 Juli 2012 | 14:43 WIB


Jawa Tengah Kembali Raih Juara Umum Peksiminas
DHONI ZUSTIYANTORO/HUMAS

Salah satu kontingen dari Jawa Tengah, ketika berlomba dalam tangkai puisi

Provinsi Jawa Tengah meraih juara umum dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XI di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin-Jumat (1-6/7).

“Jawa Tengah meraih 4 emas dalam tangkai monolog, tari garapan, dangdut putra, dan seni lukis,” kata salah satu pendamping Peksiminas dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) Yusro Edy Nugroho. Selain itu, Jateng juga meraih 3 perak, 3 perunggu, 2 harapan I, dan 3 harapan II.

Secara umum, menurut Yusro, kekuatan antarprovinsi cukup merata. “Persaingan ketat terjadi di semua tangkai lomba. Namun Jateng melalui kerja keras mampu membuktikan yang terbaik,” kata Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes ini.

Meskipun begitu, Yusro mengakui Jateng pada Peksiminas tahun ini menurun dari sisi kuantitas dan kualitas dikarenakan waktu persiapan yang dirasa kurang. “Banyak di antara mahasiswa kontingen Jateng yang masih semester awal. Setidaknya dari sisi pengalaman berproses mereka masih perlu ditempa,” ujarnya.

Perlu pemusatan latihan

Ada beberapa catatan yang diberikan Badan Pembina Seni Mahasiswa (BPSMI) Pusat kepada BPSMI Jawa Tengah. Di antaranya diperlukannya pemusatan latihan di semua tangkai lomba setelah seleksi tingkat daerah sebelum diberangkatkan ke Peksiminas.

Selain itu, pada beberapa tangkai lomba, pembibitan, pembinaan, dan seleksi di tingkat Jawa Tengah hampir mendekati kualitas penilaian tingkat nasional. Seperti pada tangkai monolog, tari, vokal grup, nyanyi solo, dan seni rupa. Namun untuk bidang sastra perlu lebih menyiapkan pelatihan dan pendampingan yang lebih optimal.

Juara umum bagi Jawa Tengah dalam ajang Peksiminas merupakan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2008 dan 2010 provinsi ini juga telah merebut gelar serupa.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 5.820 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “Jawa Tengah Kembali Raih Juara Umum Peksiminas

  1. salam budaya, dan salam konservasi……
    katane tmnq “jurinya yg lomba ilustrasi komik kurang profesional…..”
    smoga tahun depan tdk terulang kembali….
    yg pasti congratulation dech bwt rencang2..udah memberikan yg terbaik…..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *