8 Mahasiswa Adu Kebolehan Jadi Mapres Unnes

Rabu, 24 April 2013 | 15:53 WIB


8 Mahasiswa Adu Kebolehan Jadi Mapres Unnes
SIHONO/HUMAS

Salah satu peserta Mapres sedang presentasi bahasa inggris.

Delapan mahasiswa terbaik dari delapan fakultas di Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadu kebolehan untuk memperebutkan predikat Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Unnes 2013, Rabu (24/4), di rektorat kampus Sekaran.

Mereka adalah Yosi Gumala dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Agus Widodo (FBS), Devia Minggawati (FIS), Bunga Amelia (FMIPA), Nur Rohman Arif (FT), Agam Akhmad Syaukani (FIK), Raeni (FE), dan Zaka Firma Aditya (FH).

“Seleksi ini tidak hanya berkompetisi saja, tetapi juga mengarah pada tiga aspek, yaitu prestasi, pembinaan, dan silaturahmi,” kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi melalui staf ahlinya, Tommi Yuniawan SPd MHum.

Prestasi itu, kata PR III, dibuktikan ketika mengikuti kompetensi baik di bidang akademik maupun nonakademik di tingkat nasional. Kompetisi mapres tingkat nasional tahun lalu Unnes selalu berhasil masuk 5 besar.

Tahun 2010 Unnes meraih peringkat ke-5 Mapres Nasional, dan tahun 2012 Unnes naik menjadi peringkat ke-4. “Ini berkat pola pembinaan di Unnes yang sudah mapan dan mahasiswa punya komitmen tinggi,” kata PR III.

Adapun Tommi di sela-sela pelaksanaan seleksi menyampaiakan, seleksi ini tidak hanya kompetisi namun juga merupakan pembinaan dengan pemberian stimulus kepada mahasiswa agar menjadi insan cerdas dan kompetitif sesuai dengan tema “Bersama Universitas Menuju Insan Cerdas dan Kompetitif”.

“Melalui presentasi gagasan yang cerdas dan kreatif, mereka dapat mengembangkan dan memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia. Selain itu, seleksi ini juga menjadi sarana silaturahmi akademik antarmahasiswa,” katanya.

Indah Anisykurlillah MSi Akt ketua panitia melaporkan, mapres universitas ini diawali seleksi di tingkat jurusan, kemudian di tingkat fakultas. Dari hasil seleksi fakultas diambil satu mahasiswa terbaik untuk maju ke tingkat universitas.

Seleksi universitas dilaksanakan dua hari. Hari pertama (24/4) diisi presentasi bahasa Inggris dan hari kedua (25/4) presentasi karya ilmiah. Hasilnya akan diumumkan tanggal 1 Mei 2013.

Arifa


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.192 kali
EDITOR : Sihono

3 komentar pada “8 Mahasiswa Adu Kebolehan Jadi Mapres Unnes

  1. selamat kepada para calon mapres yang telah maju ke tingkat universitas, semoga siapapun yang nantinya terpilih sbg mapres Unnes mampu menjadi kebanggaan..
    salam sukses untuk semua kandidat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *