76 SMA-MA Ikuti Olimpiade Sosiologi Se-Jawa

Minggu, 8 Januari 2012 | 12:06 WIB


Sebanyak 236 siswa dari 76 SMA/MA dari berbagai wilayah di Pulau Jawa ambil bagian dalam Olimpiade Sosiologi, yang digelar oleh Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS Unnes, Sabtu (7/1).

Dalam rilis yang dikirimkan kepada unnes.ac.id,  Bayu Kuncoro selaku salah satu panitia kegiatan tersebut mengabarkan, mereka berasal dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

“Siswa-siswa itu disertai 119 guru pembimbing. Para guru juga mengikuti seminar penelitian tindakan kelas yang diselenggarakan secara gratis,” katanya.

Mewakili Rektor, Pembantu Dekan Bidang Akademik FIS Eko Handoyo saat membuka olimpiade itu mengemukakan, pelajaran sosiologi penting untuk memecahkan berbagai persoalan sosial di tengah-tengah masyarakat. “Olimpiade ini itu diadakan dengan memberikan peserta contoh berbagai permasalahan sosial di masyarakat, kemudian peserta memberikan pandangan dan penyelesaian atas persoalan sosial itu,” katanya.

Menurutnya, persoalan sosial yang diangkat dalam olimpiade itu merupakan masalah yang cukup menonjol dan penting, karena selama ini banyak siswa yang terlalu sibuk mengurusi dirinya sendiri.

“Begitu sibuk mengurusi persoalan diri sendiri, mereka sampai melupakan persoalan-persoalan di sekitar, apalagi persoalan masyarakat dalam arti luas, masyarakat dunia,” imbuh MS Mustofa, Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi.

Pada tahap pertama atau seleksi tertulis, terpilih peringkat  I -III   Tofik Hidayat (SMA N Banyumas) , Rifqi Iqbal Maulana (SMA N 1 Demak), dan  Nur Umi Anizah (SMA N 1 Bobotsari). Adapun juara umum I, yang berhak memboyong piala bergilir Rektor Unnes, adalah Iqbal Maulana (MAN Insan Cendekia Serpong Tangerang, Banten), sedangkan juara II-III  Bonar Erwanto (SMA N 5 Semarang, Jawa Tengah) dan Wulandari (SMA N Mojoagung Jombang, Jawa Timur).


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.279 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

6 komentar pada “76 SMA-MA Ikuti Olimpiade Sosiologi Se-Jawa

  1. semoga even even ini bisa membangkitkan rasa belajar kaum muda…… buat unnes makin jaya terus… :)

  2. Mohon informasi diselenggarakannya olimpiade sosiologi diperluas lagi…karena kami dari SMA 1 Kajen tidak mendapat informasi tersebut…thx

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *