6 Calon Atlet Aconcagua Latihan di Gunung Merbabu

Kamis, 16 Mei 2013 | 10:19 WIB


6 Calon Atlet Aconcagua Latihan di Gunung Merbabu
SIHONO/DOC

Setelah resmi ditetapkan 6 calon atlet Spirit of Indonesian Youth Expidition Part III (SIYE III) ke gunung Aconcagua Argentina, Mahapala Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada 28 April lalu, latihan untuk calon atlet semakin berat.

Salah satu latihan yang dijalani Sabtu-Minggu (11-12/5) adalah training centre lapangan yakni pelatihan mendaki gunung Merbabu di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.145 (meter diatas permukaan laut (mdpl).

“Training centre lapangan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik atlet selama digunung terutama pada saat ada di ketinggian,” kata Ma’rifah ketua panitia ekspedisi.

Ma’rifah juga mengemukakan kondisi di gunung pada ketinggian tertentu sangatlah beda dengan kondisi di darat/normal. Selama pendakian digunung banyak faktor penghambat perjalanan salah satunya adalah Aklimatisasi (penyesuaian diri di atas ketinggian). Apalagi di puncak Aconcagua suhunya sampai minus 20 derajat celsius.

Oleh karena itu mulai dari awal semua calon atlet dibiasakan untuk melakukan latihan aklimatisasi demi suksesnya pendakian.

Kebut Gunung
Training center kali ini adalah untuk menguji ketahanan fisik calon atlet dengan sistem kebut gunung yaitu cepat-cepatan sampai di puncak dengan di dampingi oleh 3 pendamping star dari pos pendakian Ndakan sisi barat (1.000 mdpl).

Pendakian dari sisi barat medannya lebih berat dari pada dari sisi timur, utara, maupun selatan karena medannya lebih terjal.

Pada latihan ini Putra Triya Atmaja mencapai puncak yang pertama dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit, urutan kedua Muhammad Syaefudin (1 jam 50 menit 49 detik), Indra Dwi Priyono (1 jam 56 menit 49 detik).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.480 kali
EDITOR : Sihono

5 komentar pada “6 Calon Atlet Aconcagua Latihan di Gunung Merbabu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *