58 PKM Didanai, Unnes Siap Maju ke Pimnas

Sabtu, 26 Juli 2014 | 19:19 WIB


Sebanyak 58 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tahun anggaran 2014. Jumlah itu akan diseleksi dan diikutkan dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) 2014 yang berlangsung Agustus nanti di Universitas Diponegoro.

Unnes menghasilkan PKM dengan jumlah terbanyak ketiga nasional setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menghasilkan 83 PKM dan Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) Surabaya dengan 60 PKM. Adapun peringkat keempat diraih Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menghasilkan 46 PKM, dan peringkat lima diraih Universitas Airlangga Surabaya 43 PKM.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Prof Masrukhi MPd, mengatakan PKM yang didanai terdiri atas 15 PKM bidang Artikel Ilmiah dan 43 PKM Gagasan Tulis. “Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah penghasil terbanyak,” ujarnya, Rabu (23/7), di kampus Sekaran.

Masrukhi juga mengatakan, banyaknya PKM yang dibuat merupakan hasil konsistensi mahasiswa yang selalu mengembangkan budaya menulis. “Unnes mengusulkan PKM Artikel Ilmiah sejumlah 103 sedangkan PKM Gagasan Tulis sebanyak 1.052, total usulan yang dikirim 1.155 judul,” katanya.

Secara nasional, seperti halnya informasi yang dapat diakses secara online melalui lama Dikti, dari 9.083 judul yang diusulkan seluruh perguruan tinggi, hanya 942 yang didanai. PKM yang didanai masing-masing mendapat dana Rp 3 juta.

“Prestasi ini merupakan modal utama bagi Unnes supaya bisa tampil dengan percaya diri dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional 2014 bulan Agustus nanti di Universitas Diponegoro,” ujar Masrukhi.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.932 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “58 PKM Didanai, Unnes Siap Maju ke Pimnas

  1. terus tingkatkan prestasi dan karya-karya yang membanggakan, semoga nilai-nilai semangat dalam berkarya tetap konsisten dari tahun ke tahun dan jangan lupa untuk menjaga kualitas untuk Unnes yang sehat, unggul dan sejahtera,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *