312 Akademisi Ikuti Seminar Nasional di FMIPA

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 11:00 WIB


312 Akademisi Ikuti Seminar Nasional di FMIPA
Dwi Sulistiawan/Humas

Sukirman MPd, Dr Kasmadi Imam Supardi, dan Yoshita Tanaka sebagai pembicara seminar.

Lesson study merupakan pembelajaran yang dapat mendorong siswa belajar secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui hands-on dan mind-on activity, daily life, dan local materials. Lesson study terbukti sangat potensial sebagai model alternatif pembinaan guru untuk meningkatkan keprofesionalan guru di Indonesia.

Yoshitaka Tanaka dari JICA Expert for Lesson Study mengemukakan hal itu ketika menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional MIPA tahun 2011 yang bertema “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MIPA melalui Lesson Study” di Gedung C7 lantai III FIS Universitas Negeri Semarang, Sabtu (29/10).

Lesson study yang dimulai dari tahapan plan, do dan see, menurut YoshitakaTanaka, telah memberikan hasil yang positif bagi guru, seperti lebih berani membuka diri untuk diobservasi dan dikritisi guna perbaikan kinerja profesionalnya. Selain itu, lebih percaya diri, dapat menjadi motivator, dan inspirator bagi guru lain. Sementara siswa lebih aktif, senang, dan termoivasi untuk belajar karena memperoleh kesempatan berkreativitas dalam proses pembelajaran.

“Lesson study juga bisa dianggap sebagai salah satu pendekatan yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penguatan guru mengajar,” katanya.

Selain Yoshika Tanaka dari Jepang, Dr Kasmadi Imam Supardi (Unnes) dan Sukirman MPd (UNY) juga menjadi pembicara, ditambah 42 pemakalah pendamping dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Dr Iwan Junaidi, seminar yang diikuti 312


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.787 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

satu komentar pada “312 Akademisi Ikuti Seminar Nasional di FMIPA

Comments are closed.

X