26 Dosen Muda Pelatihan Pekerti

Jumat, 14 Juni 2013 | 14:14 WIB


26 Dosen Muda Pelatihan Pekerti
SIHONO/DOC

Keberadaan sebuah perguruan tinggi bergantung pada kualitasnya. Salah satu komponen didalamnya adalah dilihat dari kualitas keprofesionalan dosen.

Demikian dikatakan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman saat membuka Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi dosen muda, Senin (11/6) di rektorat kampus Sekaran.

Rektor menegaskan, seorang dosen mempunyai tiga kewajiban pokok yang saling terkait yakni melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, kata Rektor, dosen juga pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu setiap saat kualitas dosen harus ditingkatkan.

Sugiarto MPd, ketua panitia melaporkan pelatihan berlangsung selama empat hari (11-14/6) ini diikuti 28 dosen muda dari delapan fakultas yang ada di Unnes. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Materi meliputi Teori Belajar dan Motivasi, Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar, Strategi Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi, Desain Instruksional, Pembelajaran Orang Dewasa, Team Teaching, dan Model Pembelajaran Inovatif.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 3.193 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X