2013, Biaya SNMPTN Gratis

Rabu, 14 Maret 2012 | 9:36 WIB


Mulai 2013 mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana akan menggratiskan biaya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sebagaimana dikutip Kompas (14/3), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, saat ini Kemdikbud tengah menghitung dana yang diperlukan untuk menerapkan SNMPTN gratis.

Tahun 2011 lalu, pemerintah mengalokasikan Rp 30 miliar untuk menyelenggarakan SNMPTN. Besaran dana itu mampu menutupi biaya operasional SNMPTN jalur undangan dan ujian tulis sekitar 35 persen.

Rencana ini, jelas Djoko, sejalan dengan akan dihapuskannya SNMPTN jalur ujian tertulis. Menurutnya, dengan hanya membuka jalur undangan dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN, beban penyelenggaraan SNMPTN lebih ringan karena tidak perlu lagi mencetak naskah untuk ujian tulis.

“Semua menjadi lebih hemat karena tidak ada biaya cetak. SNMPTN akan gratis, karena pemerintah yang membayarnya,” kata Djoko, Selasa (13/3/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

Selama ini, para peserta SNMPTN memang dikenai biaya pendaftaran yang nilainya berbeda setiap tahunnya. Pada 2012, setiap peserta jalur undangan dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 175 ribu. Adapun, untuk jalur ujian tulis setiap peserta dikenakan biaya Rp 150 ribu untuk kelompok IPS, dan Rp 175 ribu untuk kelompok IPC (IPA dan IPS).

Di luar itu, terdapat juga ujian keterampilan sebesar Rp 150 ribu untuk setiap peserta yang dibayarkan pada saat peserta mengikuti ujian keterampilan di PTN penyelenggara.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 4.893 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

6 komentar pada “2013, Biaya SNMPTN Gratis

  1. sdh ada tgl registrasi, tp belum ada ketentuan besaran pembayaran……brp biaya pendidikan bagi yg keterima jalur undangan di unnes untuk FE…..?

  2. mhon maaf ,kok sy tdk bisa registrasi online ,apa hrs ada pembayaran dlu apa bgaimana ?
    dan biayanya brp ?
    trmakasih sblumnya.

  3. saya lulusan thn 2012 Mau ikut tes lgi
    Minta info seMua jalur -tanggal- cara serta persyaratanya dong
    asih bisa nggak ikut jalur undangan atau bidikMisi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X