20% Mahasiswa Baru Unnes Bebas Biaya Kuliah

Senin, 10 Januari 2011 | 8:58 WIB


20% Mahasiswa Baru Unnes Bebas Biaya Kuliah
SIHONO/HUMAS

Pembantu Rektor III Unnes Dr. Masrukhi, M.Pd memberikan Beasiswa Bidik Misi kepada sejumlah mahasiswa.

Sebanyak 20% mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) angkatan 2011/2012 akan dibebaskan dari segala biaya kuliah. Sebagian dari itu kebutuhan itu akan ditanggung oleh program Beasiswa Bidik Misi oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Hal itu dikemukakan oleh Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo dalam perbincangan dengan unnes.ac.id, kemarin.

”Pemenuhan kuota 20% bangku kuliah untuk mereka yang tidak mampu secara ekonomi merupakan amanat peraturan yang baru saja diterbitkan oleh Mendiknas. Itu yang akan segera kita wujudkan. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda,” katanya.

Rektor menyatakan telah meminta Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum untuk menyiapkan realisasi kebijakan tersebut dari sisi anggaran. ”Semua sudah dipersiapkan. Jika nanti kita menerima 6.000 mahasiswa baru, berarti 1.200 di antara harus kita bebaskan dari segala biaya kuliah,” katanya.

Kuota Bidik Misi

Menurut Rektor, berdasarkan rilis terbaru Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendiknas, kuota Unnes untuk mengucurkan Beasiswa Bidik Misi 2011 meningkat dibandingkan dengan tahun 2011. Tahun sebelumnya, Unnes mendapatkan kepercayaan menyalurkan 400 paket beasiswa. ”Tahun ini kita dipercaya menyalurkan 450, justru ketika sejumlah perguruan tinggi negeri diturunkan kuotanya.”

Prof Sudijono juga menandaskan, berapa pun kuoata yang diberikan oleh Kemendiknas, semua akan disalurkan. ”Kita harus menjadikan kebijakan pendidikan proorang miskin bukan sebatas wacana. Jangan pernah merasa merugi kalau mesti ngopeni mereka yang tidak beruntung secara ekonomi,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 14.709 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

138 komentar pada “20% Mahasiswa Baru Unnes Bebas Biaya Kuliah

  1. assalamualaikum,,,, gimana persyaratanya ikut bidik misi?????? tloong jelasin dong… saya butuh banget,,,,

  2. Assalamualaikum wr.wb,saya ingin bertanya apa saja persyaratan yang harus dbawa ketika pendaftaran jalur tertulis dan kapan pendaftarannya ditutup…?saya tunggu jawaban dari Bapak,secepatnya.atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih
    wassalamualaikum wr.wb

  3. assalamu’alaikum,saya mau tanya,apakah unnes membuka pendaftaran bidik mis jalur snptn ujian tertulis?jika ya,berapa kuotanya dan prodi apa yang membuka?terimakasih

  4. saya lulusan tahun 2008, usia 25 tahun. Karena Tamat SMP berhenti 3 tahun, tamat SMA berhenti 3 tahun, dikarenakan keterbatasan finansial. Apakah masih bisa mengikuti pendidikan S1 di UNNES. Kedua, Bagaimana cara mendapatkan beasiswa di UNNES ?. Terima kasih.

  5. kuota bidik misi 450,,
    pembagian nya bgmn??
    maksudny untuk snmptn jalur undangan brp??
    jalur tertulis (snmptn) brp??
    spmu brp??

    terimakasih,,,,,,,^_^

  6. pengumuman bidikmisi 2011 2012 kapan pak??? yg dtrima dari snmptn undangan brapa org pak? tolong di balas ke email saya,,, makasih,,,,,,,

  7. Salam, adik saya lolos ujian SNMPTN lewat jalur ujian tulis melalui program Bidik Misi tapi ketika akan melakukan regristasi online muncul kata-kata seperti ini :
    “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU. ”
    Apakah calon mahasiswa Bidik Misi harus bayar dulu?
    mohon bantuannya dan kirim jawaban ke email kami krn program Bidik Misi sangat berarti bagi kami, terima kasih.

  8. assalamualaikum..
    kasus saya seperti adiknya saudara kurniawan,
    saya lolos ujian SNMPTN jalur ujian tulis melalui program bidikmisi..namun saat akan melakukan regristasi online muncul kata-kata seperti ini: “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU. ”

    apakah calon mahasiswa bidikmisi harus membayar dahulu?saya harus bagaimana??
    mohon jawabannya karena ini sangat penting untuk kami.terima kasih,,wassalamualaikum

  9. Assalamualaikum
    saya lolos SNMPTN ujian tulis 2011 dan sebagai pelamar beasiswa bidik misi tetapi ketika melakukan registrasi online ada tulisan seperti ini :
    Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.
    saya mau bertanya ” Apakah calon mahasiswa pelamare bidik misi harus membayar dulu di bank ?”
    .Ini sangat penting , mohon kirim jawabanya ke email.
    Terimakasih atas bantuannya.

  10. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Adik sya diterima SNMPTN 2011 di UNNES Jurusan Kimia tdk lewat jalur Bidik Misi, apa bisa dipindahkan ke Bidik Misi? Pak PR I mohon bantuannya, saya sudah ada surat keterangan tdk mampu dr Kecamatan dan disekolah juga dulu dapat keringanan biaya. Trims
    Wassalamu’alaikum wr. Wb.

  11. Saya lolos snmptn diterima di unnes, pendidikan bhs. Inggris. Saya sudah bayar biaya pendidikan melalui bank BNI 46 cabang brebes. Tapi belum tercatat, gimana nih? Udah sehari, wktu mepet, belum registrasi online. Tolong kirim solusinya ke nomer saya, 081228498300.

  12. APAKAH beasiswa itu benar-benar ada pak,kalau toh ada apa persyaratanya? dan apa itu juga sampai kesekolah2 plosok pak….mhon dibantu.

  13. kapan pengumuman penerimaan bidik misi UNNES nggak sabar nunggu nya, semoga saya keterima Bidik Misi UNNES aamiin :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *