2.547 Peserta SBMPTN 2017 Ikuti Uji Keterampilan

Rabu, 17 Mei 2017 | 13:20 WIB


2.547 Peserta SBMPTN 2017 Ikuti Uji Keterampilan
SETYO/HUMAS

Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi saat mencoba alat uji keterampilan di Gedung Laboratorium Olahraga Prof Sugijono, Rabu (17/5)

Pemilih jurusan seni dan olahraga mengikuti Uji Keterampilan pada (17-18/05).  Uji Keterampilan dilakukan di 2 tempat yakni di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) untuk jurusan Keolahragaan dan di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) untuk jurusan seni.

Peserta yang memilih program studi (prodi) seni musik akan mengikuti ujian berupa tes musikalitas dan tes praktik instrumen. Sementara peserta jurusan seni drama menjalani tes praktik monolog dan tes kreativitas. Adapun masing-masing peserta dari keempat cabang ilmu seni tersebut sama-sama mengerjakan tes pengetahuan dan wawasan seni.

Sama halnya dengan ilmu seni, para peserta SBMPTN 2017 pada bidang keolahragaan juga akan menjalani serangkaian tes. Pertama, yakni pemeriksaan kesehatan yang terdiri atas pengukuran antropometri (tinggi badan berdiri, tinggi badan duduk, berat badan, indeks massa tubuh/BMI), pemeriksaan postur dan anggota gerak (tangan dan kaki), pemeriksaan jantung, pemeriksaan fungsi pernapasan, dan pemeriksaan indera.

Tes kedua pada Uji Keterampilan 2017 adalah mengenai keterampilan motorik dengan cara vertical jump satu menit, sit-up satu menit, dan push-up satu menit. Kemudian peserta juga akan mengikuti tes kelincahan (illinois agility run test) berupa koordinasi mata tangan 30 detik, dan lari 1.600 meter.

Uji Keterampilam ini diikuti oleh 2.547 peserta yang terdiri dari Bidang Olahraga 1.524, Bidang Seni Rupa 659, Bidang Seni Tari 155 dan Bidang Seni Musik 209.

Hadir mengunjungi Uji keterampilan ini Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi guna memantau kegiatan ini. Pada kesempatan ini ia menyampaikan, saya melihat semangat peserta Uji Keterampilan ini luar biasa semangatnya.

Yang menarik pada Uji Keterampilan di UNNES ini Transparan penilaiannya, langsung score dimunculkan dan semuanya bisa melihat. Harapan kedepan Universitas lain dapat meniru UNNES saat melakukan ujian semacam ini.

Hal senada disampaikan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat monitoring Uji Keterampilan di FIK UNNES, Uji Keterampilan ini salah satu cara untuk mencari bibit unggul di bidang seni dan olahraga. Kami akan benar-benar Transparan agar seluruh peserta melihat nilai yang berhasil diraih.

Selain mengikuti rangkaian Uji Keterampilan SBMPTN 2017, para peserta juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan. Proses tersebut dilaksanakan oleh tenaga kesehatan di tempat layanan kesehatan resmi se-Indonesia sejak dua hari sebelum sampai dengan hari pelaksanaan ujian ketrampilan.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 379 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X