19 Mahasiswa UNNES Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke 6 Universitas Ternama dalam Negeri

Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:19 WIB


19 Mahasiswa UNNES Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke 6 Universitas Ternama dalam Negeri

19 mahasiswa dari 6 fakultas di Universitas Negeri Semarang (UNNES) lolos dalam program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (Permata) Batch II. Pada program ini, ke-19 mahasiswa tersebut akan melakukan program perkuliahan selama 3 bulan di enam universitas negeri tujuan.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama Prof Sukestiyarno melaporkan, enam perguruan tinggi tersebut antara lain, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unibraw), dan Universitas Udayana.

Perlu diketahui, 19 mahasiswa tersebut terpilih setelah melalui proses seleksi. Sebelumnya, terdapat 38 mahasiswa yang berebut untuk mendapatkan tempat pada program ini. Mereka harus melalui seleksi administratif yang berupa kelengkapan berkas, seperti surat aktif mahasiswa, IPK min. 2.75, bebas sanksi akademik, surat izin orang tua, menandatangani formulir Permata, surat keterangan sehat, asuransi kesehatan, dan LoA dari perguruan tinggi tujuan.

Berkaitan dengan program ini, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, selaku Rektor UNNES mengapresiasi pengiriman mahasiswa ini sebagai bentuk kerjasama antar universitas dan peningkatan prestasi mahasiswa.

Prof Fathur menyatakan bahwa program kredit transfer ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas UNNES sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNNES untuk belajar di universitas terbaik di dalam negeri. Sebagai tambahan, iapun menghimbau pada bagian kerjasama untuk dapat mengirimkan mahasiswa, bukan hanya ke universitas dalam negeri, namun juga pada universitas luar negeri.

(Cesar Abdul, Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 322 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X