Menwa UNNES Ikuti Pembekalan Kesehatan Lapangan

Senin, 7 November 2016 | 16:11 WIB


Menwa UNNES Ikuti Pembekalan Kesehatan Lapangan
SIHONO/HUMAS

Puluhan siswa Pradiksar Yudha XL Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 902 Universitas Negeri Semarang (UNNES) didampingi seniornya melaksanakan kegiatan pembekalan Kesehatan Lapangan.

Hadir sebagai pemateri Kapten Sukari dan Serda Ramadani Utami, Sabtu (5/11) di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas kampus Sekaran.

Lafi Naimil Janah humas Menwa kepada unnes.ac.id menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk membekali calon anggota Menwa agar dapat melakukan pertolongan jika dalam melakukan kegiatan terdapat gangguan atau pun keadaan darurat. Sebab Menwa tidak hanya berkegiatan diruangan, tetapi juga di alam bebas.

Dalam kesempatan kali ini, pelatih menyampaikan materi pokok tentang proteksi diri yakni Airways (jalan nafas), Breathing (pernapasan), dan Circulation (sirkulasi).

Pelatih menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pertolongan pertama diantaranya saat digigit ular dan disengat serangga.

Hal dasar yang perlu dilakukan adalah mengamati bentuk gigitan. Jika digigit ular berbisa maka kita bisa mengikat dua sisi antara luka, lalu segera di bawa ke dokter.

Materi lain, cara menolong korban yang tidak sadarkan diri. Ada beberapa pertolongan, pertama dilakukan oleh satu orang penolong, caranya si korban dapat dilakukan dengan cara di seret, digendong, dijulang, dibopong dan dipapah.

Kedua dilakukan oleh dua orang penolong, caranya si korban dapat dilakukan dengan dibopong, dipapah, dan digantung. Kemudian, ketiga dilakukan oleh tiga orang yakni dilakukan dengan cara dibopong.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 262 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *