Mantan Rektor yang Rendah Hati Itu Purnatugas

Kamis, 31 Oktober 2013 | 14:50 WIB


Mantan Rektor yang Rendah Hati Itu Purnatugas
HUMAS/SIHONO

Prof. Dr AT Soegito menerima salam hormat dari Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum dalam upacara purnatugas, Kamis (31/10).

Empat puluh lima tahun yang lalu
Aku datang ke sini
Bukan untuk mencari nafkah
Bukan untuk mencari kedudukan
Dan
Apalagi untuk memimpin lembaga sebesar ini
Tapi aku pernah mimpi
Menjadi putra terbaik..

Itulah penggalan puisi yang dibaca Prof Dr AT Soegito SH MM saat pelepasan purnatugasnya, Kamis (31/10). Per 1 Oktober 2013, profesor Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang pernah memimpin Unnes pada 2002-2006 ini menutup karier sebagai pegawai negeri sipil. Upacara pelepasan purnatugas berlangsung haru dihadiri anggota senat yang tak lain junior-juniornya.

“Bagi saya, forum ini bukan pelepasan melainkan forum silaturahmi, forum komunikasi, forum saling memaafkan, forum pertobatan, dan forum saling mendoakan,” katanya.

Pada acara yang dihadiri semua anggota senat Unnes, profesor bidang Pendidikan Pancasila yang lahir pada 9 Maret 1943 itu menyampaikan beberapa harapan. Di antaranya bila masih memungkinkan, setelah purnatugas tetap diberi kesempatan berkomunikasi dengan Unnes. “Saya masih mempunyai banyak tugas yang belum terselesaikan,” kata Prof AT, sapaan akrabnya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum merespons harapan itu dengan menjadikan Prof AT sebagai Dewan Pertimbangan Unnes. “Berdasarkan keputusan rapat senat, Prof AT ditetapkan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Unnes,” kata Rektor sembari beberapa kali memuji kesetiaan Prof AT yang telah ikut membesarkan Unnes.

Lanjut Rektor, Prof AT Soegito telah memberikan banyak teladan kepada para mahasiswa, dosen, dan karyawan Unnes. Salah satunya, keramahan dan kerendahhatian. “Beliau juga menyumbangkan gagasan besar tentang Total Quality Managemen (TQM), sesuatu yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi,” katanya.

Setelah memberi sambutan, Rektor didampingi Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Dr Wahyono MM dan Ketua Senat Prof Samsudi MPd memberikan tanda mata, di antaranya cincin emas. “Ini semua sebagai perwujudan cinta kami kepada Prof AT yang telah ikut membesarkan Unnes. Semoga diterima dengan senang hati, walau secara materi tidaklah seberapa,” ujar Rektor.

Sepanjang usianya, pria yang akrab disapa Prof AT itu nyaris tidak pernah dipisahkan dari dunia pendidikan. Ia, antara lain, pernah mengemban amanat sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswa (PD3) FIS, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Pembantu Rektor Bidang Akademik, kemudian menjadi Rektor Unnes pada tahun 2002 sampai 2006.

Tidak hanya itu, Prof AT juga pernah menjadi anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah itu ia diminta Gubernur Jawa Tengah untuk menjadi Ketua Dewan Pendidikan Jawa Tengah. Jabatan itu masih dijabat hingga saat ini.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.539 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

11 komentar pada “Mantan Rektor yang Rendah Hati Itu Purnatugas

  1. Terima kasih Prof AT….. Kata – kata prof yg saya ingat adalah ” ngono yo ngono ning ojo ngono ” suwun prof … Sehat selalu amin

  2. Selamat prof AT atas keberhasilan mengemban amanah hingga purna tugas 70 tahun. Semoga saya bisa mencontoh suri tauladan dari bapak yg memipin dg humanis.

  3. Sosok suri tauladan, Senior, Profesor A.T. Berkat kekayaan Akademik, budi pekerti dan kerendahan hati. di bagian manapun bumi yang di pijak: BERMARTABAT. jejak-jejak kakinya adalah taburan berkah. Terima kasih Prof. atas bimbingannya perihal pengembangan pendidikan Pancasila. salam hormat dari kami, keluarga PUSAT PENGKAJIAN PANCASILA DAN KARAKTER BANGSA (P3KB) dan keluraga PPKn FIS. doa kami selalu untuk GURU BESARKU.

  4. Paripurna sudah.. dan telah menutup buku tugas sebagai PNS, tapi kami yakin tak akan pernah selesai pengabdian Prof AT bagi bangsa ini khususnya Unnes tercinta. Semoga tetap diparingi sehat ya Prof.. Salam hormat kami , seluruh Keluarga besar Alumni (IKA) Unnes

  5. Selamat purnatugas prof, di mata saya prof AT adalah salah satu rektor Unnes yang hebat namun low profile yang pernah ada. bahkan di gedung H lantai dasar nama prof diabadikan . :: REKTOR AT itu akan membuat terkenang selalu

  6. Terimakasih banyak Bapak Prof Dr H A.T Soegito S.H, MM Atas segala bimbingannya pada saat mengerjakan Tesis. Semoga Allah S.W.T selalu melindungi Bapak beserta keluarga. Amiin ya rabbal’alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X