Ramadan, BP2M Gelar Pesantren Jurnalistik di 8 Sekolah

Selasa, 16 Juli 2013 | 22:34 WIB


Ramadan, BP2M Gelar Pesantren Jurnalistik di 8 Sekolah
DOK. BP2M/HUMAS

Pemimpin Redaksi Kompas Mahasiswa Efka Walida berbicara dalam "Pesantren Jurnalistik" di SMP Kesatrian 2 Semarang, Selasa (16/7) siang tadi.

Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Unnes punya tradisi menggelar Pesantren Jurnalistik di setiap bulan Ramadan. Sejak 2011 event diadakan dengan menggelar raodshow pelatihan jurnalistik gratis bagi siswa SMP dan SMA. Dengan cara itu anggota BP2M diharapkan berbagi pengetahuan di bidang jurnalistik yang mereka miliki sekaligus melatih diri tampil di depan publik.

“Ketika program ini mulai pada 2011 lalu, kami hanya berniat mengisi liburan dengan berbagi ilmu.  Kami pikir itu cara yang baik mengisi kegiatan di bulan baik,” kata Pemimpin Umum BP2M Unnes Dewi Maghfiroh, Selasa (16/7) malam.

“Kegiatan ini sekaligus kami manfaatkan untuk menyambung silaturahim dengan sekolah dan siswa. Kami mendapati, sebagian guru adalah alumni Unnes. Artinya, mereka adalah saudara tua kami,” lanjut mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat itu.

Keterampilan di bidang jurnalistik, terang Dewi, kini semakin diminati siswa SMP dan SMA. Meski baru mengenal dan sekadar menjadikannya sebagai hobi, para siswa antusias mempelajarinya. Tidak sekadar menulis berita, anggota BP2M berbagi pengalaman tentang fotografi, wawancara, tata letak media, hingga grafis.

Setidaknya telah ada 8 sekolah di Semarang dan sekitarnya yang “membuka pintu” bagi BP2M untuk menggelar pesantren jurnalistik. “SMP Kesatrian 2 bahkan meminta kami untuk mengisi di 4 kelas sekaligus, siang tadi,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 2.398 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Ramadan, BP2M Gelar Pesantren Jurnalistik di 8 Sekolah

  1. Tidak hanya menerbitkan Buletin Mingguan Mahasiswa Unnes, Express, Majalah Kompas Mahasiswa dan Tabloid Nuansa. Tapi juga berbagi ilmu. Mari berbagi di bulan suci.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X