Tiap Detik, Unnes Memindai Satu Lembar Jawaban

Senin, 15 April 2013 | 11:29 WIB


Tiap Detik, Unnes Memindai Satu Lembar Jawaban
Sihono/Humas

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan terus berupaya memperbaiki dan menyempurnakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Jawa Tengah, mulai dari pengadaan soal, penggandaan, distribusi, pengawasan, pemberkasan, hingga pemindaian.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unnes Dr Agus Wahyudin yang juga penanggung jawab penyelenggaraan UN SMA/MA, SMALB dan SMK se-Jateng 2012/2013 saat memberi keterangan pada kunjungan komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Senin (15/4).

Sebagai gambaran, dalam pemindaian Unnes menggunakan 20 unit pindai dengan tiap-tiap unit berkecepatan 1 Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) per detik. “Bisa dihitung sendiri, jika para petugas bekerja 22 jam nonsetop setiap hari dalam melakukan pemindaian,” kata Agus Wahyudin.

Disebutkan pula, untuk pemindaian digunakan dua sistem, yakni optical mark reader (OMR) dan pemotretan citra (image scaning/DMR). Jika sampai gagal dipindai dengan OMR, lembar jawab akan di-imaging.

“Dengan pemotretan citra, dalam wujud apa pun ekstremnya, semua lembar jawab UN SMA/MA, SMALB dan SMK se-Jateng 2012/2013 akan berhasil dipindai,” katanya.

Untuk pemberkasan dan pemindaian, pihaknya mengerahkan petugas dalam tiga shift. Lembar jawab yang dari berbagai kota/kabupaten se-provinsi ini dikumpulkan di kampus Unnes kemudian dipilah-pilah dulu sebelum masuk mesin pindai.

Menurut Ketua Komisi X DPRRI Agus Hermanto, kunjungan ini dilakukan salah satunya untuk memberikan support serta pengawasan kepada para siswa yang mengikuti UN hari ini.

“Kami datang untuk memberikan dukungan kepada para siswa, serta melakukan fungsi pengawasan untuk pelaksanaan UN ini, serta apakah sudah sesuai dengan yg diinginkan, juga akan melihat apakah ada ketimpangan serta apakah ada tingkat kesulitan dalam pengerjaan soal,” kata Agus Hermanto.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.432 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

4 komentar pada “Tiap Detik, Unnes Memindai Satu Lembar Jawaban

  1. Semoga Ujian Nasional tahun ini meningkat dari sisi pelaksanaan dan hasilnya.. Unnes, tingkatkan profesionalitas dalam mengemangkan dan melaksanakan pendidikan nasional.. Ciptakan generasi yang sehat, unggul, dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X