80 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Menulis Opini

Minggu, 14 Oktober 2012 | 13:44 WIB


80 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Menulis Opini
Sihono/Humas

Cocong Arief Priyono, Kepala Desk Wacana Suara Merdeka ketika menjadi pembicara

Sebanyak 80 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Opini bersama Harian Suara Merdeka, di rektorat Unnes kampus Sekaran Gunungpati, Minggu (14/10).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Hubungan Masyarakat (Humas) Unnes bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) itu menghadirkan Cocong Arief Priyono, Kepala Desk Wacana Suara Merdeka sebagai narasumber. Pembicara lainnya Prof Fathur Rokhman, guru besar bahasa yang juga pembantu rektor bidang pengembangan dan kerja sama serta Sucipto Hadi Purnomo, Ketua UPT Humas Unnes yang juga kolumnis budaya dan pendidikan.

Selama kegiatan berlangsung, respons peserta sangat antusias. Banyak pertanyaan muncul dari peserta dan dijawab ketiga narasumber secara bergantian. “Untuk menulis artikel yang baik, kita harus merasa gembira dulu. Jadikan menulis artikel sebagai hobi. Setelah itu, tentukan ide atau tema yang akan ditulis dan tentukan kerangkanya,” ujar Cocong memberikan tips menulis artikel di media cetak.

Menurutnya, secara umum kita harus mengenali karakter media. “Adakah rubrik yang bisa menampung karya jurnalistik kita, memerhatikan panjang pendeknya tulisan, apakah memerlukan foto atau grafis,” ungkap Cocong.

Kegiatan ini menurut Ketua Panitia Kartika Fajar Cahyani, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip-prinsip pemuatan artikel opini di media massa.

“Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa menulis wacana di media massa,” kata Tika.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.253 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

3 komentar pada “80 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Menulis Opini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *