16 Usulan Paten Dosen UNNES Siap Diberikan

Jumat, 29 November 2019 | 21:04 WIB


16 Usulan Paten Dosen UNNES Siap Diberikan

Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan Workshop Konsultasi Teknis Substantif Paten Kerjasama Sentra KI LP2M UNNES – Direktorat Paten ,DTLST & RD, DJKI Kemenkumham RI di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNNES, Kamis (28/11).

Sentra KI LP2M UNNES mengadakan Workshop Konsultasi Teknis Sunbstantif Paten pada tanggal 28-29 November 2019 dengan mendatangkan tim pemeriksa paten dari DJKI sebanyak 6 orang.
Banyak karya atau inovasi yang dihasilkan para peneliti/pengabdi di UNNES. Namun sebagian besar karya/inovasi tersebut belum didaftarkan untuk mendapatkan paten.

Ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain kurangnya pemahaman tentang paten, prosedur pendaftaran paten, keterbatasan waktu dan biaya, serta kesibukan para dosen.
Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu diambil kebijakan khusus dengan Program Fasilitasi Perolehan Hak Paten. Para inventor akan didampingi mulai dari penyusunan deskripsi paten, pemberkasan dokumen paten, bantuan biaya pendaftaran, pemeriksaan substatif hingga mendapatkan Sertifikat Paten (granted).

Sebagai langkah awal telah dilakukan workshop penyusunan deskripsi pada bulan April 2019. Dalam kegiatan tersebut telah berhasil diajukan 35 dokumen paten ke DJKI Kemenkumham RI.
Saat ini UNNES telah memiliki 15 paten dan jika 16 usulan paten lolos maka akan bertambah menjadi 31 paten. Perolehan ini diharapkan dapat mendukung program UNNES menuju PTNBH pada tahun 2020.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: