13 PKM Unnes ke Pimnas 2011

Jumat, 15 Juli 2011 | 18:21 WIB


13 PKM Unnes ke Pimnas 2011
SIHONO/HUMAS

Tiga belas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil lolos menuju  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV Tahun 2011 di Universitas Hasanuddin Makassar, 19-23 Juli mendatang.

Demikian dikatakan koordinator Pimnas Unnes Tommi Yuniawan MHum saat tim pamitan dengan Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Masrukhi di gedung rektorat kampus Sekaran (15/7).

“Dari 257 proposal yang dikirim ke Dikti, setelah diseleksi oleh tim penilai Diktik 13 proposal dinyatakan lolos ke Pimnas 2011. PKM tersebut yakni PKM Kewirausahaan (PKMK) 4 karya, PKM Penelitian (PKMP) 3 karya, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 2 karya, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 2 karya, PKM Gagasan Tulis (PKMGT) 2 karya, dan 2 karya untuk karya tulis penunjang meliputi bidang kewirausahaan, dan bidang lingkungan,” kata Tommy.

Rektor Unnes mengatakan, kalau dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah PKM yang lolos ke Pimnas tahun 2011 ada peningkatan. Pada Pimnas di Bali PKM Unnes yang lolos 8, sedangkan tahun ini PKM yang lolos 13 karya di tambah 2 karya tulis penunjang.

“ Luar biasa dari delapan menjadi 15 kenaikaanya hamper 100 persen sekali lagi ini luar bisasa. Kami berterimakasih kepada semua mahasiswa yang telah memberikan suatu warna yang jelas, kehadiran saudara ke Makasar menunjukkan Unnes memiliki satu kemajuan yang luar biasa,” kata Prof Sudijono.

“Ini berkat pola pembinaan karya ilmiah di Unnes sudah mapan, mahasiswa punya etos menulis, dan integrasi pelatihan penulisan karya ilmiah di jurusan dan fakultas,” tegas Rektor Unnes.

Mudah-mudahan dalam bertanding di Pimnas nanti pulang membawa nama harum universitas konservasi ini.

PKM yang lolos ke Pimnas

Bidang PKMK:

Gema Store, Usaha Pemasaran Gematop (detektor pencuri laptop)  Thohiriyah sebagai ketua kelompok.  General Protect Denim Bag (Ketua Ian Faisal),  Lilin Zozo Sebagai Salah Satu Alternatif Pengusir Nyamuk  Alami Dan Ramah Lingkungan (Ketua Devy Septiana Irawati),  Pemanfaatan Plastik Dan Botol Bekas Sebagai Kerajinan Tangan Yang Menarik (Ketua Eka Retnaningsih).

Bidang  PKMM :

Aban (Abon Ikan) : Kreasi Pengolahan Ikan BS Berbasis Nilai Jual sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak (ketua Shikhah Amna), Simulasi Gempa Bumi pada Model Struktur dengan Shaking Table sebagai Pembelajaran Gempa Bumi untuk Pendidikan SD/MI (ketua Miftahul Huda).

Bidang PKMP:

Pembuatan Solar Sel Fleksibel Berbasis Komposit Hibrida Titania sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan ( ketua kelompok Ade Yulia Kusuma Dewi), Photo-Detergent Sublator: Inovasi Dokter Degradasi Efek Kontaminan Linier Alkilbenzena Sulfonat (LAS) dan Sodium Tripolyphospate (STPP) Bisnis Laundri (Ketua Arie Ardiansyah),  Studi Eksperimen Variasi Jenis dan Komposisi Pelarut pada Laju Reaksi Biodegradasi Sampah Polistirena Foam (Ketua Aji Christian Bani Adam)

Bidang  PKMT:

MCK (Mesin Charger Koin) (ketua Aris Wibowo), Sistem Kunci Otomatis Menggunakan Rfid System Pada STNK untuk Scurity Kendaraan dan Peminimal Kejahatan) (ketua Muzani).

Bidang PKM-GT:

Jalan Apung Atasi Masalah Akses Jalan Akibat Rob di Daerah Pesisir (ketua Muhammad Rafsanzani),  Smart Flying Float Pelampung Terbang Penyelamat pada Penumpang Kecelakaan Pesawat Terbang yang Jatuh di Air (ketua Khanafi).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 5.234 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

7 komentar pada “13 PKM Unnes ke Pimnas 2011

  1. Buat Semua yang mensupport Tim PKM dan LKTM UNNES…Terima Kasih Semuanya,Alahamdulillah,setelah lama menunggu penantian selama 6th,akhirnya UNNES mampu merebut lagi Gelar Juara Umum 3 yg dulu pernah diraih UNNES.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *